Peristiwa Daerah

Lamongan Ditetapkan sebagai Kota Penyelenggara Pemerintahan Terbaik di Indonesia

Selasa, 25 April 2017 - 19:20 | 38.98k
Bupati Lamongan Fadeli menerima penghargaan dari Menkopolhukam Wiranto disaksikan Mendagri Tjahjo Kumolo di Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXI di Alun-alun Sidoarjo, Selasa (25/4/2017). (Foto: Humas dan Protokol Pemkab Lamongan for TIMES Indone
Bupati Lamongan Fadeli menerima penghargaan dari Menkopolhukam Wiranto disaksikan Mendagri Tjahjo Kumolo di Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXI di Alun-alun Sidoarjo, Selasa (25/4/2017). (Foto: Humas dan Protokol Pemkab Lamongan for TIMES Indone

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kabupaten Lamongan, Jawa Timur, kembali dinyatakan sebagai daerah dengan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah terbaik di Indonesia.

Apresiasi itu diberikan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Wiranto ke Bupati Fadeli dengan disaksikan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo terlihat hadir dalam acara tersebut dalam Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXI di Alun-alun Sidoarjo, Selasa (25/4/2017).

"Saya berharap aparatur Pemkab Lamongan semakin termotivasi untuk memberikan pelayan terbaik pada masyarakat," kata Bupati Lamongan Fadeli usai dari Sidoarjo dalam siaran pers Humas dan Protokol Pemkab Lamongan.

Apresiasi diberikan ke daerah dengan prestasi kinerja  tertinggi dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah berdasarkan Laporan Penyelenggaraaan Pemerintahan Daerah (LPPD) Tahun 2015.

lamongan-penghargaan-2ZcdW.jpgBupati Lamongan Fadeli menerima penghargaan dari Menkopolhukam Wiranto disaksikan Mendagri Tjahjo Kumolo di Peringatan Hari Otonomi Daerah (Otoda) ke-XXI di Alun-alun Sidoarjo, Selasa (25/4/2017). (Foto: Humas dan Protokol Pemkab Lamongan for TIMES Indonesia)

Selain Lamongan, hanya ada masing-masing 10 kabupaten dan kota di Indonesia yang menerima apresiasi ini. Diantaranya adalah Kota Makassar dan Surabaya, serta Kabupaten Sidoarjo dan Banyuwangi.
            
Menurut Fadeli, karena Lamongan sudah tiga kali berturut-turut menjadi daerah dengan prestasi kinerja  tertinggi, maka Kota Soto ini akan menerima Samkarya Parasamsya Purnakarya Nugraha. Penghargaan tertinggi di bidang pemerintahan ini, akan diserahkan lagsung oleh Presiden RI Joko Widodo dalam waktu dekat.

"Apresiasi ini penggambaran dari kinerja pemerintah daerah, baik di level pengambil kebijakan maupun pelaksananya dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pelayan masyarakat," tutur Fadeli. 

Menurutnya, apresiasi yang diterima Kabupaten Lamongan ini merupakan ujung dari kerja nyata yang dituangkan dalam Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EPPD) terhadap Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD).

Konjen-Amerika-Serikatfjz4S.jpgKonjen Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava mengunjungi stand pameran Lamongan. (Foto: Istimewa)

Evaluasi manajemen pemerintahan ini dilakukan dengan melibatkan beberapa kementerian dan lembaga. Mulai dari Kemendagri, Kemen PAN-RB, Kemenkeu, Kem Hukum dan HAM, Setneg, Bappenas, BKN, BPKP dan BPS.

Di acara itu, stand pameran Lamongan rupanya menarik perhatian dari Konjen Amerika Serikat di Surabaya Heather Variava. Ia secara khusus mengunjungi stand dan sempat berdialog dengan Bupati Fadeli. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES