Ekonomi

Makin Kompetitif, Presiden Dorong Ekspor Industri Otomotif

Selasa, 25 April 2017 - 17:15 | 161.57k
Ilustrasi industri otomotif (Foto: otobandung)
Ilustrasi industri otomotif (Foto: otobandung)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Presiden Joko Widodo berharap agar industri otomotif di Indonesia mulai meningkatkan pengembangannya untuk pasar ekspor, apalagi industri ini menunjukkan geliat kompetitif di tanah air.

Hal itu disampaikan presiden saat meresmikan pabrik PT Mitsubhisi Motors Krama Yudha Indonesia (MMKI) di kawasan Greendland Internastional Industrial Center Deltamas, Pasar Ranji, Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, Selasa (25/4/2017).

"Memang pasar lokal, pasar domestik itu besar tetapi kita juga memerlukan pasar ekspor sebagai sebuah keseimbangan," tegasnya.

Dari data Menteri Perindustrian, presiden menyebut jika pertumbuhan industri otomotif di Indonesia itu rata-rata 10 persen lebih. Dengan pasar yang besar ini, ia meyakini akan lebih banyak lagi investasi di bidang otomotif yang akan masuk ke Indonesia karena pasarnya yang sangat besar.

Untuk itu, presiden pun berharap investasi di bidang otomotif nanti, selain menyerap tenaga kerja, juga bisa menerapkan alih teknologi sehingga kemampuan sumber daya manusia di tanah air pun bisa terdongkrak. 

"Terus lakukan pelatihan-pelatihan SDM-SDM lokal, bagus juga bila disiplin yang tinggi dalam budaya kerja SDM-SDM dari Jepang juga dibiasakan, bisa ditularkan kepada SDM-SDM di Indonesia," tutupnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Setkab

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES