Peristiwa Daerah Bondowoso Republik Kopi

Pemerintah Bondowoso Targetkan Luas Areal Tembakau 3000 Hektare

Selasa, 25 April 2017 - 17:05 | 80.35k
Pertemuan Antara Pemerintah, Petani dan Pengusaha Tembakau di Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: Aminatus/TIMES Indonesia)
Pertemuan Antara Pemerintah, Petani dan Pengusaha Tembakau di Bondowoso, Jawa Timur. (Foto: Aminatus/TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Republik Kopi

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menginisiasi pertemuan antara petani dan pengusaha tembakau yang dilaksanakan di Kantor Kecamatan Grujugan pada Selasa (25/04/2017). Pertemuan tersebut sebagai upaya pemerintah dalam menarik kembali minat menanam tembkau pasca dua tahun terakhir harga tembakau anjlok dikarenakan cuaca yang kurang mendukung.

Menurut Kepala Dinas Pertanian Bondowoso, H Munandar mengatakan, selain sebagai upaya menarik kembali minat petani, pertemuan juga dimaksudkan untuk menyosialisasikan luas areal tanam yang pada 2017 ditargetkan seluas 3000 hektar.

Dengan luas tersebut diharapkan petani dapat menentukan luas lahan tanamnya agar tidak over capacity.

“Pertemuan ini sebagai upaya pemerintah dalam menarik kembali minat petani yang dalam dua tahun terakhir mengalami kerugian yang cukup banyak. Sealain itu juga kita melakuakn sosialisasi target luas areal lahan tanam yang tahun 2017 ditetapkan sebesar 3000 hektar,” katanya.

Untuk penentuan harga kata Munandar, masih akan bergantung pada kualitas dan melihat biaya produksi. Namun berdasarkan rekomendasi dari Badan Metreologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tahun ini akan cocok jika petani menanam tembakau.

“Kita dorong Tahun ini petani untuk menanam tembakau, karena berdasarkan rekomendasi tahun ini cuaca mendukung,” tambah dia.

Pertemuan ini akan dilaksanakan di  titik yang merupakan sentra penghasil tembakau di Kabupaten Bondowoso, diantaranya Grujugan, Tamanan, Wringin, Maesan dan Tlogosari. Diharapkan dari pertemuan tersebut harga tembakau stabil sehingga kerugian dipihak petani bias diminimalisir. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES