Peristiwa Daerah

23 Daerah Raih Penghargaan Kinerja Terbaik dari Presiden

Selasa, 25 April 2017 - 16:14 | 138.83k
Menkopolhukam, Wiranto (dua dari kanan) diapit Gubernur Jatim, Soekarwo (dua dari kiri), Dirjen (OTDA) Sumarsono (kiri) dan Bupati Sidoarjo, SaifuIlah (Kanan) foto bersama usai acara Hari Otoda di Alun Alun Sidoarjo (Foto: Mulya/ TIMES Indonesia)
Menkopolhukam, Wiranto (dua dari kanan) diapit Gubernur Jatim, Soekarwo (dua dari kiri), Dirjen (OTDA) Sumarsono (kiri) dan Bupati Sidoarjo, SaifuIlah (Kanan) foto bersama usai acara Hari Otoda di Alun Alun Sidoarjo (Foto: Mulya/ TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) menetapkan 23 Daerah di Indonesia, yang berkinerja secara baik. Penetapan 23 Daerah itu, berdasarkan hasil Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (EKPPD) pada Tahun 2016.

Penjelasan itu disampaikan Direktur Jenderal Otonomi Daerah (OTDA) Sumarsono disela-sela Acara Peringatan Hari Otonomi Daerah XXI di Alun-Alun Sidoarjo, selasa (25/4/2017).

Dalam penetapan 23 Daerah tersebut, di bagi dalam 3 Pemerintah Provinsi, 10 Kota dan 10 Kabupaten. Dari 23 daerah itu Kabupaten Sidoarjo yang juga dipilih sebagai tempat penyelenggaraan peringatan Hari Otda ke XXI juga masuk.

"Dalam mengapresiasi capaian kinerja penyelenggaraan Pemerintah Daerah, maka Presiden Jokowi melalui Menkopolhukam menganugerahkan tanda kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha dan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha kepada Pemerintah Daerah tersebut," papar Sumarsono.

Lebih jauh, pria yg pernah menjabat Pj. Gubernur DKI Jakarta ini menjelaskan jika evaluasi kinerja Pemerintah Daerah (Pemda) sendiri didapat dari hasil Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dalam  setiap tahunnya.

Ditahun 2016, ada sebanyak 524 dari 542 Daerah Otonom yang sudah menyampaikan LPPD tahun 2015. Sedangkan untuk 18 Daerah lainnya yang terdiri dari 1 provinsi dan 17 kabupaten belum wajib menyampaikan LPPD lantaran masih daerah otonom baru.

"Evaluasi terhadap Pemda sudah dilakukan sebanyak 8 kali. Dan sudah 6 kali diumumkan kepada masyarakat umun melalui media," jelasnya.

Berikut daftar 23 Daerah berkinerja baik. Tiga Provinsi Tertinggi secara Nasional diantaranya, Provinsi Jawa Timur dengan skor 3, 1802, kedua di raih Provinsi Jawa Barat dengan Skor 3,1760, dan terakhir diraih Provinsi Kalimantan Timur dengan skor 3,1469.

10  Kabupaten tertinggi kinerja terbaik secara Nasional. Diantaranya, Kabupaten Sidoarjo (Jatim), Kabupaten Karanganyar (Jateng), Kabupaten. Kudus (Jateng), Kabupaten Lamongan (Jatim), Kabupaten Pinrang (Sulsel),  Kabupaten Banyuwangi (Jatim), Kabupaten Bantul (DIY), Kabupaten Probolinggo (Jatim), Kabupaten Kuningan (Jabar), Dan Kabupaten Pati (Jateng).

Sementara, 10 kota terbaik/tertinggi secara Nasional, diantaranya, Kota Makassar (Sulsel), Kota Surabaya (Jatim), kota Samarinda, kota Mojokerto, Kota Gorontalo, kota Bandung, Kota Depok (Jabar). Kota Banjar (Jabar), Kota Bontang (Kaltim), dan Kota Sukabumi (Jabar).(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES