Pendidikan

Assesor Perpusnas Kunjungi STPP Malang

Selasa, 25 April 2017 - 14:59 | 75.57k
Assesor Perpusnas tengah berkomunikasi dengan pegawai perpustakaan STPP Malang. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)
Assesor Perpusnas tengah berkomunikasi dengan pegawai perpustakaan STPP Malang. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Asssesor dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas RI) mendatangi kampus Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang, Selasa (25/4/3017). Kedatangan ini dalam rangka visitasi penilaian akreditasi perpustakaan perguruan tinggi.

Drs Supriyanto MSi selaku assesor Perpusnas RI mendatangi kampus yang berada di Bedali, Lawang, Kabupaten Malan, Jawa Timur didampingi Drs Agus Samiaji MSi dari Provinsi Jawa Timur dan Cahyo Purwanto SE dari Kabupaten Malang.

Sebelum memasuki perpustakaan, tim assesor berkesempatan mengelilingi lingkungan kampus didampingi Ketua STPP Malang, Siti Munifah.

Dalam sambutannya, Munifah menjelaskan bahwa dalam rangka pembangunan sumber daya manusia pertanian berkualitas, perlu disiapkan sarana pendukung yang memadai, salah satunya perpustakaan.

Untuk itu, sejak tahun kemarin, kata Munifah, profil perpustakaan diubah menjadi lebih terbuka bagi civitas akademika dan masyarakat umum, khususnya yang berada di sekitar kampus STPP Malang.

"Pembenahan ini penting dan perlu karena perpustakaan menjadi jantungnya institusi pendidikan," ujarnya.

STPP-anyarpeWmJ.jpgKepala Perpustakaan STPP Malang, Drs Arko Sudjianto MPd mengenalkan profil perpustakaan kepada tim assesor. (Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

Dia berharap melalui assesment ini,  tim assesor memberikan masukan untuk menjadikan lebih baik bagi penyelenggaraan dan standarisasi perpustakaan di STPP Malang.

Sementara, Supriyanto mengatakan, akreditasi perpustakaan merupakan amanah Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan. Pada pasal 18 UU tersebut menyatakan bahwa setiap penyelenggara perpustakaan harus sesuai standar nasional perpustakaan.

"Jadi, untuk mengetahui apakah perpustakaan sudah melakukan kegiatan pengelolaan perpustakaan sesuai standar atau belum, peranannya adalah akreditasi," jelasnya.

Ditambahkannya, akreditasi merupakan rangkaian pengakuan formal dari lembaga akreditasi perpustakaan nasional yang menyatakan bahwa sebuah perpustakaan nasional melakukan kegiatan sesuai standar.

Penilaian akreditasi berlangsung di lantai 2 perpustakaan STPP Malang. Kepala Perpustakaan STPP Malang, Sudjianto bersama para staf berkomunikasi dengan tim assesor untuk proses assesment. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES