Politik

Tjahjo Kumolo: Pilkada 2018 Jadi Bagian Strategi Parpol Jelang Pilpres

Senin, 24 April 2017 - 16:27 | 47.09k
Mendagri Tjahjo Kumolo saat wawancara bersama dengan media di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. (Foto: istimewa)
Mendagri Tjahjo Kumolo saat wawancara bersama dengan media di Kantor Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. (Foto: istimewa)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dua kali sudah, Indonesia menggelar Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak. Tahun 2015 lalu, tepatnya 9 Desember, gelaran Pilkada serentak, pertama kalinya diikuti 269 daerah terdiri atas 9 provinsi, 36 kota, dan 224 kabupaten. Begitu juga Pilkada 2017 yang serentak memilih 101 kepala daerah pun telah usai digelar.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengklaim, Pilkada serentak 2015 dan 2017 berjalan lancar,  aman dan sukses. Meski diakuinya, terdapat berbagai dinamika dalam penyelenggaraannya. 

"Kepolisian didukung TNI, BIN, Satpol PP, Pemda dan Parpol pendulung Pilkada telah mampu mengamankan terselenggaranya Pilkada serentak dengan demokratis dan aman," jelas Tjahjo melalui pesan WhatsAapnya yang dipancaluaskan, Senin (24/4/2017).

Pilkada serentak tahap tiga akan berlangsung Juni 2018  mendatang, dan bekas Sekjen PDI Perjuangan itu pun memprediksi dinamika dalam Pilkada 2018 mendatang tak akan jauh berbeda dengan pilkada sebelumnya.

Hanya saja sambung Tjahko, Pilkada serentak 2018 berdekatan dengan Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sehingga wajar bila dinamika Pilkada tahun depan itu, sudah jadi bagian dari strategi partai politik dan segenap elemen masyarakat untuk persiapan Pilpres.

"Apalagi Pilkada 2018 daerah padat penduduk, padat pemilih melaksanakan Pilkada serentak tahun 2018, pasti aromanya sudah memasuki tahapan-tahapan  Pilpres 2019," tukas Tjahjo. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES