Peristiwa Daerah

Keren, Santri Ponpes Darussalam Blokagung Juara Syahril Quran Nasional

Senin, 24 April 2017 - 12:49 | 229.94k
Santri Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, juara 3 lomba Syahril Quran tingkat Nasional di UIN Syarif Hdayatullah, Jakarta. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)
Santri Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, juara 3 lomba Syahril Quran tingkat Nasional di UIN Syarif Hdayatullah, Jakarta. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pondok Pesantren Darussalam, Blokagung, Banyuwangi, Jawa Timur, mengukir prestasi gemilang dikancah Nasional. Pesantren di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari, ini berhasil meraih juara 3 lomba Syahril Quran, pesantren se Indonesia yang digelar di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Jakarta.

Dalam perhelatan bergengsi tersebut, pesantren terbesar di Bumi Blambangan, mengirim 3 orang santrinya. Yakni, Rafida Fismi Robik, mahasiswi IAIDA Blokagung, semester 2, jurusan Pendidikan Bahasa Arab, asal Kecamatan Rogojampi; Emil Naila Sa’da Dinina, siswi Madrasah Aliyah Al Amiriyyah (MAA) Blokagung, asal Kecamatan Siliragung; dan Diki Mashuri Candra, siswa MAA Blokagung, asal Kecamatan Singojuruh.

“Lomba ini diikuti 3 orang santri, 1 orang Qiroah, 1 orang terjemah dan 1 lagi menjelaskan isi makna dan kandungan serta hukum-hukum,” ucap pengasuh Ponpes Darussalam, Blokagung, KH Ahmad Munib Syafaat, Senin (24/4/2017).

 

Munib menjelaskan, tidak ada persiapan khusus yang diberikan pesantren kepada trio santri dalam menghadapi lomba. Namun, di Ponpes Darussalam, Blokagung, para santri memang didorong untuk aktif dalam berbagai kegiatan. Baik dibidang akademik maupun ilmu keagamaan. Termasuk ekstra kurikuler Qiroah, Bahasa Inggris dan lainya. Dan kebiasaan positif itulah yang membuat santri Blokagung mampu bersaing dengan ribuan santri dari Pesantren se Nusantara.

“Mereka (para santri) selalu kita ajak untuk mempelajari segala ilmu pengetahuan sesuai kemampuan, karena kita yakin, kemampuan dan kompetensi bakat setiap santri itu berbeda-beda,” ungkap Munib yang juga Rektor IAIDA Blokagung, Banyuwangi.

Sekadar diketahui, untuk juara 1 dan 2 lomba Syahril Quran tingkat Nasional adalah Ponpes Syalafiyah Safiyah, Situbondo, Jawa Timur dan perwakilan tuan rumah UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta. Dan sebelum bercokol di podium ke-3 lomba Syahril Quran, tingkat pesantren se Indonesia, salah satu perwakilan Ponpes Darussalam, Blokagung, yakni Rafida Fismi Robik, juga menjadi juara pertama lomba tingkat mahasiswa se Jawa-Bali yang digelar di UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang. Keren ya prestasinya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES