Peristiwa Daerah

Ada Sumpah Palapa pada Dharma Santi Jatim di Banyuwangi

Senin, 24 April 2017 - 00:15 | 56.02k
Adegan Patih Gajah Mada dalam tari kolosal Kidung Maha Wilwatikta, Minggu (23/4/2017). (Foto: Ahmad/TIMES Indonesia)
Adegan Patih Gajah Mada dalam tari kolosal Kidung Maha Wilwatikta, Minggu (23/4/2017). (Foto: Ahmad/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Acara Dharma Santi dalam rangka perayaan Hari Raya Nyepi digelar umat Hindu Provinsi Jawa Timur, di Gedung Seni dan Budaya (Gesibu) Banyuwangi, Minggu (23/4/2017).

Acara dimeriahkan tarian kolosal Kidung Maha Wilwatikta yang dibawakan 36 penari yang menceritakan Ratu Tribuwana Tunggadewi menumpas pemberontak di daerah Sadeng. Kemudian Patih Gajah Mada yang memimpin pasukan berhasil memadamkan api pemberontakan.

Setelah itu Patih Gajah Mada mengucapkan Sumpah Palapa, yakni tidak akan makan makanan enak berbumbu rempah sebelum nusantara bersatu.

Tarian memperlihatkan perang yang memukau dan dipenuhi gerakan-gerakan yang tegas namun indah hingga cerita tersampaikan dengan cara yang menarik.

Kepada TIMES Indonesia, Ketua Panitia Dharma Santi Jawa Timur Suminto mengatakan, pihaknya memilih Banyuwangi menjadi tempat acara bukan tanpa alasan. Banyuwangi dianggap memiliki pertumbuhan ekonomi, pendidikan, budaya dan wisata yang baik.

"Banyuwangi juga belum pernah menjadi tempat Dharma Santi untuk saling bertemu antar umat. Umat Hindu di Banyuwangi juga yang terbesar di Jatim yakni mencapai hampir 40 ribu orang," kata Suminto.

Dia juga mengakui melakukan kesalahan dalam menyiapkan tempat, pasalnya jumlah pengunjung membludak tidak sesuai perkiraan. Sebagian besar dari mereka justru duduk di lapangan Taman Blambangan di luar Gesibu tempat acara. Diperkirakannya pengunjung dalam Banyuwangi berjumlah 7 ribu, sedangkan dari luar Banyuwangi berjumlah 7 ribu.

"Saya sebagai ketua panitia memohon maaf sebesar-besarnya. Ternyata respon umat sangat luar biasa. Kalau tahu begini kita pasti akan memilih tempat yang lebih memadai," pungkas Suminto. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES