Gaya Hidup

Kulit Cantik dengan Minyak Bunga Matahari

Minggu, 23 April 2017 - 06:13 | 31.10k
ILUSTRASI - Kulit putih berseri dengan minyak bunga matahari (Foto: rimma)
ILUSTRASI - Kulit putih berseri dengan minyak bunga matahari (Foto: rimma)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tanaman bunga matahari ini dibudidayakan tidak hanya untuk dilihat bunganya yang indah, tetapi juga untuk diambil minyaknya. Diketahui minyak bunga matahari ini memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Minyak bunga matahari berkhasiat mencegah penyakit, seperti asma, radang sendi, menurunkan kadar kolesterol darah, menjaga kesehatan jantung, memicu proses peremajaan sel, dan bahkan mencegah beberapa jenis kanker.

Tak hanya bermanfaat untuk kesehatan tubuh, minyak bunga matahari juga bermanfaat untuk kulit Anda. Berikut manfaat minyak bunga matahari untuk kulit.

1. Melembabkan kulit

Minyak bunga matahari merupakan emolien yang efektif, yang artinya akan membantu menjaga kelembaban kulit. Dengan demikian, orang dengan kulit kering bisa mendapatkan keuntungan yang sangat besar dari penggunaan secara rutin. Selain itu minyak bunga matahari juga membantu menyembuhkan iritasi dan peradangan kulit.

2. Menghilangkan jerawat

Vitamin A, C, D, dan E, dan asam lemak esensial yang terdapat dalam minyak bunga matahari akan memberikan lapisan pelindung, yang mencegah bakteri kontak dengan kulit. Oleh karena itu, minyak bunga matahari juga bekerja sebagai obat yang efektif untuk melawan jerawat, dan harus dioleskan pada kulit secara langsung.

3. Melindungi kulit dari sinar matahari

Minyak bunga matahari merupakan sumber yang kaya vitamin E selain minyak almond dan shea butter. Tingginya kandungan vitamin ini akan mencegah sel-sel sensitif kulit tidak menjadi rusak oleh ultraviolet (UV) sinar Matahari. Beta  karoten yang juga terdapat dalam minyak bunga matahari akan membantu menetralkan radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada kulit, termasuk efek kulit terbakar(sunburn) dan kanker kulit .

4. Mencegah penuaan dini

Vitamin E yang tinggi dalam minyak bunga matahari tidak hanya akan melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari, tetapi juga anti penuaan dini. Terlebih lagi, penggunaan rutin minyak bunga matahari dapat mengurangi keriput dan membuat kulit terlihat lebih muda. Antioksidan yang tinggi dalam minyak ini juga akan menjaga kulit supaya tetap segar dan terlihat lebih muda.

5. Mencegah infeksi kulit

Minyak bunga matahari merupakan sumber yang kaya akan asam lemak esensial yang melindungi kulit dari infeksi bakteri. Oleh karena itu bisa membuat kulit Anda kulit menjadi sehat dan cerah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Deasy Mayasari
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES