Peristiwa Nasional

KPU RI Resmikan Rumah Pintar Pemilu Lamongan

Sabtu, 22 April 2017 - 17:35 | 53.99k
Ketua KPU RI, Arief Budiman menandatangani prasasti tanda diresmikannya Rumah Pintar Pemilu KPU Lamongan, disaksikan Bupati Lamongan Fadeli dan Wabup Kartika Hidayati dan Forkopimda, Sabtu (22/4/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)
Ketua KPU RI, Arief Budiman menandatangani prasasti tanda diresmikannya Rumah Pintar Pemilu KPU Lamongan, disaksikan Bupati Lamongan Fadeli dan Wabup Kartika Hidayati dan Forkopimda, Sabtu (22/4/2017). (Foto: Ardiyanto/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Republik Indonesia (RI) Arief Budiman meresmikan Rumah Pintar Pemilu (RPP) KPU Kabupaten Lamongan - Graha Mbah Lamong, Sabtu (22/4/2017).

"KPU Lamongan ini kabupaten ke-24 Rumah Pintar Pemilu - nya berhasil didirikan. Ini sesuai dengan standar KPU, hanya keterbatasan ruangan saja, tidak bisa menampilkan display," katanya usai meresmikan  Rumah Pintar Pemilu KPU Lamongan - Graha Mbah Lamong. 

Peresmian Rumah Pintar Pemilu KPU Lamongan ini disaksikan Bupati Lamongan Fadeli, bersama Wabup Kartika Hidayati, dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) Kabupaten Lamongan. 

Selain itu, peresmian ini juga dihadiri Ketua KPU Provinsi Jawa Timur, Eko Sasmito, dan jajarannya serta dihadiri Bawaslu Jawa Timur, Dr. Sufyanto, Sri Sugeng Pujiatmiko. 

Lebih jauh, Arief Budiman menjelaskan, di Rumah Pintar Pemilu, masyarakat Lamongan bisa melihat langsung tata cara proses pemilihan yang ditampilkan secara visual melalui layar lebar dan dilengkapi dengan alat peraga yang mirip dengan kondisi nyata tempat pemilihan umum atau pemilihan kepala daerah. 

Rumah Pintar Pemilu juga diharapkan menjadi wadah untuk menarik pemilih pemula, sehingga mampu meningkatkan partisipasi pemilih. "Ini bukan hanya bisa jadi pusat Pemilu, tapi jadi pusat pendidikan pemilih pemula," ujar Arief Budiman.

Arief Budiman berharap Rumah Pintar Pemilu dapat menjadi simbol kerja bagi KPU. "Aktivitasnya harus ada setiap hari, mau keluar atau ke sini untuk mengenalkan Rumah Pintar Pemilu, di  Lamongan KPU aktif datang ke sekolah untuk mensosialisasikan pemilu, bukan hanya sekolah, tapi kelompok ormas, kontituensnya diajari ke sini," tuturnya.

Lebih lanjut, kata Arief Budiman, Rumah Pintar Pemilu yang merupakan program nasional KPU yang harus dijalankan KPU provinsi, kabupaten, dan kota adalah cara KPU untuk menggairahkan Pemilu di masyarakat dan untuk membuat pemilu lebih baik. 

"Di 34 provinsi sudah berdiri Rumah Pintar Pemilu, 304 Kabupaten/kota sudah ada Rumah Pintar Pemilu-nyq. Di Jawa Timur mau Pemilihan Gubernur, mudah-mudahan Rumah Pintar Pemilu sudah ada semua. Kita mentargetkan 2019 semua Rumah Pintar Pemilu sudah berdiri," ucap Arief Budiman menambahkan.

Sementara, Bupati Lamongan Fadeli, menilai Rumah Pintar Pemilu ini merupakan salah satu upaya pemerintah untuk menyadarkan warga terhadap hak pemilih dan memahami tahapan serta proses dalam pelaksanaan pemilu. "Diharapkan partisipasi khususnya di Kabupaten Lamongan bisa terus meningkat," ucapnya. 

Keberadaan Rumah Pintar Pemilu ini, lanjutnya, bisa jadi pendidikan politik bagi masyarakat umum, pelajar pemilih pemula dan calon-calon pemilih di masa datang untuk menggunakan hak pilihnya. 

"Rumah Pintar Pemilu inii untuk melakukan pembelajaran bagi anak-anak kita pembalajaran bagi calon pemilih ke depan. Masyarakat Lamongan perlu pendidikan politik, jadikan Rumah Pintar Pemilu ini tempat edukasi. Kami pemerintah daerah mendukung apabyang akan dilakukan KPU, siapapun bisa menyempatkan berkunjung ke tempat ini," tuturnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES