Olahraga

Miliki 17 Tanjakan, Sirkuit BMX Muncar Menjadi Sirkuit Tersulit se-Indonesia

Sabtu, 22 April 2017 - 16:26 | 191.42k
Lintasan Sirkuit BMX Muncar yang memiliki 17 tanjakan tersulit di Indonesia. (foto: Humas Pemkab Banyuwang for TIMES Indonesia)
Lintasan Sirkuit BMX Muncar yang memiliki 17 tanjakan tersulit di Indonesia. (foto: Humas Pemkab Banyuwang for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sirkuit BMX Banyuwangi, Jawa Timur yang terletak di Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar merupakan sirkuit berstandar internasional yang dinilai tersulit di Indonesia. Dimana ada 17 tanjakan yang pembangunannya telah disesuaikan dengan standard Persatuan Balap Sepeda Internasional, Union Cycliste International (UCI).

“Kita bangun sirkuit ini sejak tahun 2015, kita rancang sedemikian rupa sehingga akan menjadi tantangan bagi atlet BMX. Ini bukan even Banyuwangi tapi dunia. Banyak pembalap dunia yang hadir di sini," kata Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Sabtu (22/4/2017).

Kompetisi BMX kelas C1 ini telah masuk kalender UCI yang hari ini pengawasan diwakilkan kepada Kevin Braybon dari Australia sebagai Chief of Commissaire. Even sport tourism yang masuk agenda Banyuwangi Festival 2017 ini memasuki tahun kedua penyelenggaraan.

“Para peserta dari manca negara akan saling beradu kehandalan di sirkuit ini, Malaysia, Australia, Hongkong, Amerika Serikat, dan Jepang. Malaysia bahkan menurunkan empat tim, tim nasional, Serawak, Selangor, dan Trengganu," tambah Anas.

Sirkuit BMX Muncar merupakan sirkuit milik Pemkab Banyuwangi yang mulai dibangun 2015. Sirkuit yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektare ini awalnya digunakan untuk Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) V tahun 2015 saat Banyuwangi menjadi tuan rumahnya.

“Sirkuit BMX Muncar ini, panjang lintasan, kemiringan lintasan, serta tinggi tanjakan sesuai standar UCI. Dibandingkan daerah lain di Indonesia, menurut Ketua PB ISSI Raja Sapta Odang yang tahun lalu turut hadir, sirkuit Muncar ini memiliki tingkat kesulitan lintasan sepeda jauh lebih bagus dibanding sirkuit lain di Indonesia," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, Wawan Yadmadi.

Sirkuit ini memiliki lintasan sepanjang 350 meter dengan lebar yang bervariasi, yakni 10 meter untuk single dan 12 meter untuk double. 17 tanjakan atau jumping area memiliki ketinggian yang bervariasi, mulai 0,5 hingga 2,25 meter, dengan sudut kemiringan 75 derajat. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES