Peristiwa Daerah

Begini Cara SMP Sabilillah Rayakan Hari Kartini 

Jumat, 21 April 2017 - 19:30 | 28.81k
Lomba membatik dalam rangka Hari Kartini, di SMP Islam Sabilillah, Jumat (21/4/2017). (Foto: Tika/TIMES Indonesia)
Lomba membatik dalam rangka Hari Kartini, di SMP Islam Sabilillah, Jumat (21/4/2017). (Foto: Tika/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Hari Kartini di SMP Islam Sabilillah, Kota Malang, Jawa Timur, diperingati dengan aneka lomba. Salah satunya adalah lomba desain batik dan busana Kartini Modern. 

Tujuan digelar kegiatan ini adalah agar para siswa tidak hanya meningkatkan kreativitas saja, melainkan semakin mencintai warisan budaya berupa batik. 

Salah satu siswinya, Aisyah Putri Kamila dari kelas VII D sangat terampil menggoreskan pensil warna membuat motif batik yang dibuatnya.

"Saya membuat motif bunga, yang identik dengan perempuan," kata dia sembari asyik menggambar di sekolahnya, Jumat (21/4/2017).

Lain lagi dengan Amira Farras dari kelas 8B. Dia lebih memilih motif naga emas yang diberi nuansa bunga.

Makanya motifnya, lanjut Amira adalah menggambarkan perempuan anggun yang dilambangkan dengan bunga, sekaligus kuat yang digambarkan naga emas. 

Kepala SMP Islam Sabilillah, Idi Rathomy Baisa MPd, menjelaskan, lomba ini merupakan apresiasi kepada para siswa.

"Kami ingin menunjukkan bahwa mereka memiliki karakteristik, kemampuan, bakat, dan minat yang berbeda-beda. Maka dari itu seluruh siswa  dilibatkan agar tumbuh rasa percaya diri, dan meningkatkan kreativitas dan kemampuannya," beber dia.  

Kegiatan peringatan ini, lanjut Idi,  mengambil tema "Perempuan Sebagai Agent of Change Pembentukan Karakter Bangsa", karena SMP Islam Sabilillah  menjadi piloting project pembentukan karakter secara nasional.

Kegiatan lain, digelar Kelas Inspirasi yang menampilkan para wali murid perempuan dengan berbagai profesi, berbagai motivasi dan pengalamanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES