Peristiwa Daerah

Asisten Perekonomian: Kecamatan Peragaan Dominasi Jumlah Penduduk Miskin

Jumat, 21 April 2017 - 18:42 | 48.03k
Hery Koentjoro Pribadi. Asisten Perekonomian Kabupaten Sumenep. (Foto: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)
Hery Koentjoro Pribadi. Asisten Perekonomian Kabupaten Sumenep. (Foto: Ach. Qusyairi Nurullah/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Asisten Perekonomian Pemerintah Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, Hery Koentjoro Pribadi, mengatakan jumlah penduduk miskin di Kabupaten Sumenep di dominasi Kecamatan Pragaan. 

Data tersebut didapat dari hasil sensus ekonomi tahun  2015 yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Berdasarkan data tersebut, jumlah penduduk miskin di Kecamatan Pragaan mencapai 8.555 KK. Di susul Kecamatan Ra'as dengan jumlah penduduk miskin sebesar 8.202 KK dan Kecamatan Batang-Batang sebanyak 7.393 KK. 

"Makanya, di Kecamatan pragaan jatah Rastra itu paling banyak, sebesar 128.325 kilogram per bulan. Data ini sesuai dengan data yang kami peroleh dari Pokja Kementerian Sosial pemerintah pusat," beber Hery, Jumat  (21/04/2017).

Menurut Hery, pihaknya tidak memiliki kewenangan untuk menentukan kategori miskin bagi masyarakat. Tetapi, jika dari data tersebut terdapat kekeliuran misalnya masih ada masyarakat yang tergolong miskin tidak ada dalam daftar penerima manfaat, melalui mikanisme rapat ditingkat desa bisa langsung dimasukan. 

"Langsung dimasukan melalui mekanisme musyawarah desa atau musdes. Aturannya boleh begitu. Hal ini untuk meminimalisir adanya penyaluran bantuan rastra yang tidak tepat sasaran," jelasnya. 

Untuk pagu Rastra, tahun ini mengalami peningkatan sebesar 10 persen dibandingkan tahun lalu. Jumlah RTSM Rastra di Sumenep pada tahun 2016 sebanyak 116.378 KK, pada tahun ini meningkat menjadi 128.016 KK dengan pagu sebanyak 1.920 ton, 24 kilogram per bulan atau 23.042 ton, 880 kilogram dalam setahun.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES