Peristiwa Daerah

Tingkatkan Pengamanan Tahanan, Polres Bangkalan Tambah CCTV

Jumat, 21 April 2017 - 16:59 | 83.74k
Pengeledahan secara rutin dilakukan terhadap penghuni ruang tahanan Polres Bangkalan. (foto: Humas Polres Bangkalan for TIMES Indonesia)
Pengeledahan secara rutin dilakukan terhadap penghuni ruang tahanan Polres Bangkalan. (foto: Humas Polres Bangkalan for TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Polres Bangkalan memasang 12 Closed Circuit Television (CCTV) untuk meningkatkan pengamanan ruang tahanan. Hal itu, sebagai upaya pengawasan agar peristiwa kaburnya tahanan di Polsek Tambak Sari Surabaya dan Polres Malang tidak terulang kembali.

"Awalnya ada 3 CCTV, kemudian ditambah 9 unit. Jadi segala aktivitas diruang tahanan bisa terpantau," kata Kapolres Bangkalan,  AKBP Anissullah M Ridha,  Jum'at (21/4/2017).

Selain penambahan CCTV, kondisi fisik ruang tahanan berkapasitas 32 orang itu,  juga dilakukan pengecekan, khususnya bagian atap bangunan. Pemeriksaan tersebut untuk mengetahui bagian-bagian mana saja yang harus diperbaiki.

"Setelah dicek kondisinya masih bagus. Tapi penghuninya sudah over load, " imbuhnya.

Kasubag Humas Polres Bangkalan,  AKP Bidaruddin menambahkan pemeriksaan tidak hanya fokus pada kondisi fisik ruang tahanan semata. Namun, penghuni tahanan juga tidak luput dari penggeledahan.

"Penggeledahan bagi penghuni ruang tahanan memang rutin dilakukan. Hasil penggeledahan ditemukan benda maupun barang terlarang seperti paku, kawat dan plat, " ucapnya.

Mantan Kaposek Konang ini menyebutkan, barang-barang yang tidak boleh berada di ruang tahanan yakni alat komunikasi, gunting, pisau, sabuk dan piring maupun gelas yang terbuat dari beling. Sebab, semua itu bisa digunakan untuk perbuatan yang tidak diinginkan.

"Sarung juga tidak boleh. Jadi hanya waktu shalat saja digunakan setelah itu dikembalikan ke petugas penjaga tahanan," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES