Indonesia Positif

Peringatan Hari Kartini dan Isra Miraj dalam Sehari

Jumat, 21 April 2017 - 10:11 | 114.67k
Peringatan Hari Kartini MIM PENA, Purbalingga pada tanggal 21 April tahun 2016 (Foto: MIM PENA Dok/TIMES Indonesia)
Peringatan Hari Kartini MIM PENA, Purbalingga pada tanggal 21 April tahun 2016 (Foto: MIM PENA Dok/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Penaruban (MIM PENA), Kecamatan Kaligondang, Purbalingga, Jawa Tengah menggelar dua acara besar dalam satu hari, yakni Peringatan Hari Kartini dan Isra Miraj Nabi Muhammad SAW.

Hal itu karena adanya dua hari Nasional yang berdekatan. Yakni hari Jumat tanggal 21 April 2017 peringatan Hari Kartini, dan tanggal 24 April 2017 dengan peringatan Isra Miraj.

Kepala MIM PENA, Siti Nurlalely menjelaskan kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk pendidikan karakter. Mengenalkan RA Kartini sebagai sosok pahlawan bangsa kepada para siswa. Serta memberikan pemahaman makna dan hikmah Isra Miraj. 

Dan digabungnya acara Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) dan Peringatan Hari Besar Islam (PHBI), karena pertimbangan efektifitas waktu dan efisiensi biaya.

“Selain itu karena anak-anak kelas 6 akan menghadapi Ujian. Dan untuk kelas 1 sampai kelas 5 persiapan Ujian Kenaikan Kelas (UKK),” ucap Siti, Jumat (21/4/2017).

Dalam rangkaian acara itu, rencananya diawali dengan upacara bendera. Dengan petugas Ibu-ibu dari wali murid MIM PENA. Dan selaku pembina upacara Uger Winanti, istri dari Adi Yuwono Wakil Ketua DPRD Purbalingga.

Dilanjut lomba paduan suara antar kelas, dengan membawakan lagu Kartini dan Mars Purbalingga. Diteruskan dengan pemilihan juara 1 - 3 dan dirigen terbaik 1 – 3, dengan dewan juri dari ibu-ibu wali murid.

“Setelah upacara bendera dan lomba paduan suara selesai. Nantinya diteruskan dengan Peringatan Isro Miroj Nabi Muhammad saw dengan pengajian yang diisi oleh alumni MIM PENA, Bapak Imam,” kata Siti.

Acara pengajian yang rencananya akan di gelar di halaman kelas atau selasar sekolah ini, akan di ahiri dengan pembagian hadiah kepada para juara dan ditutup dengan doa dan makan bersama nasi takir (makanan dalam wadah daun pisang).

Dan pada hari ini Jumat (21/4/2017), telah diadakan kegiatan Literasi. Yaitu menulis riwayat atau sejarah RA Kartini dan Kartini di mata Ibu Rumah Tangga bagi siswa kelas 5 dan kelas 6. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES