Kesehatan

Awas, Uban adalah Gejala Penyakit!

Rabu, 19 April 2017 - 05:17 | 42.38k
ILUSTRASI - Rambut sudah beruban di usia muda (Foto: curejoy)
ILUSTRASI - Rambut sudah beruban di usia muda (Foto: curejoy)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Umumnya uban ataubrambut putih akan tumbuh seletah seseorang memasuki usia 35 tahun ke atas. Namun jika sebelum 35 tahun uban sudah muncul, Anda wajib mewaspadainya. 

Studi terbaru mengungkap bahwa uban tidak saja pertanda usia yang sudah menua, namun juga bisa jadi tanda adanya gangguan kesehatan. Terlebih pada uban yang muncul di usia tergolong muda yakni dibawah 30-an atau 35 tahun.

Dikutip dari laman Boldsky Irini Samuel, ahli jantung dari Universitas Kairo, Mesir mengatakan uban sebagai pertanda tingginya penyakit kardiovaskular. 

Ia menjelaskan Aterosklerosis atau pengapuran pembuluh darah terjadi dengan mekanisme yang sama seperti terjadinya uban, yakni adanya gangguan DNA, stres oksidatif, inflamasi, perubahan hormonal dan penuaan sel fungsional.

Kedua kejadian ini, aterosklerosis dan juga uban, umumnya terjadi seiring dengan adanya peningkatan usia.

Pada studi tersebut dilihat bahwa pasien yang memiliki penyakit arteri koroner, ternyata juga punya statistik rambut putih yang tinggi jika dibanding orang tanpa masalah kesehatan tersebut.

Namun peneliti juga mengakui bahwa butuh studi lebih mendalam untuk menegaskan adanya keterkaitan kedua hal itu; munculnya uban di usia muda dan penyakit aterosklerosis. 

“Penelitian mendalam diperlukan, dan dilakukan koordinasi dengan ahli kulit untuk mempelajari lebih lanjut tentang faktor lingkungan penyebab genetik,” tambah dia seperti dilansir laman  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES