Peristiwa Daerah

Kenalkan Pajak sejak Dini lewat Talk Show Muda Ngerti Pajak

Selasa, 18 April 2017 - 19:25 | 40.38k
Suasana talk show muda ngerti pajak di KPP Pratama Blitar. (Foto: Nana/TIMES Indonesia)
Suasana talk show muda ngerti pajak di KPP Pratama Blitar. (Foto: Nana/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kantor Pelayanan Pajak  (KPP)  Pratama  Blitar menggelar talkshow perpajakan dengan tajuk "Muda Ngerti Pajak", Selasa (18/4/2017). Talk show ini mengundang 50 siswa SMA dan SMK se Kota Blitar di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Blitar, Jl Kenari 118 Blitar, Jatim.

Kasi Ekstensifikasi dan Penyuluhan KPP Pratama Blitar, Bambang Hariadi mengatakan, acara ini sosialisasi pengenalan pajak bagi para generasi muda.

"Siswa SMA itu bagian dari generasi penerus bangsa. Kami ingin mengenalkan apa itu pajak bagi mereka. Harapannya, jika mereka selesai menempuh pendidikan dan masuk dunia kerja, mereka bisa berkontribusi sebagai wajib pajak yang taat," jelas Bambang.

Menurut Bambang, pengenalan pajak sejak dini penting bagi para generasi muda. Karena di saat inilah mereka secara nyata bisa merasakan manfaat pajak bagi pembangunan Indonesia.

"Lebih mudah menjelaskan darimana dana subsidi biaya pendidikan mereka seperti BOS, transportasi dan buku literasi diberikan oleh pemerintah ," tambahnya.

Acara yang dikemas santai ini menghadirkan tiga nara sumber. Dibuka langsung oleh Kepala KPP Pratama Blitar, Teguh Pribadi Prasetyo yang memberikan materi tentang pajak. Lalu disusul  Sie Pengawasan dan Konsultasi, Eko Yuwono. Diakhiri materi dari Sie Penagihan, Bagus Surya Setiabudi.

Dalam sesi tanya jawab, animo para siswa terlihat antusias. Banyak diantara mereka yang menanyakan jenis perpajakan dan prosedur pembayarannya. Seperti siswa SMAN 1 Blitar, Moch.Alifian Pratama (16) ini yang menanyakan terkait PBB dan Tax Amnesty.

"Sebenarnya ini juga pertanyaan titipan orang tua saya sih, mereka masih bingung sudah bayar PBB, pajak kendaraan tapi masih harus ikut Tax Amnesty. Jadi ini kesempatan saya buat tanya lebih banyak biar jelas," ungkap Alif.

Dari forum santai ini, Alif mengaku paham jenis-jenis pajak. "Ternyata ada dua, pajak daerah sama pajak pusat. Jadi antara PBB sama Tax Amnesty memang beda. Kalau PBB P2 istilahnya tadi itu pajak pedesaan dan perkotaan yang masuk pajak daerah. Kalau Tax Amnesty masuk pajak pusat," terangnya singkat.

Di akhir acara, pihak penyelenggara mengadakan lomba performa. Ada yang menampilkan nyanyian , yel-yel dan puisi. Kelompok yang dinyatakan unggul mendapat merchandise menarik dari KPP Pratama Blitar.

Dari 15 KPP di Kanwil Direktorat Jenderal Pajak (DJP) , KPP Pratama Blitar sejak tahun 2016 dan tahun 2017 ini sebagai penyelenggara pertama acara sosialisasi bagi generasi muda yang kemudian ditiru oleh kantor pajak daerah lainnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES