Peristiwa Daerah

Luas Lahan Mangrove di Indonesia Semakin Merosot

Selasa, 18 April 2017 - 18:09 | 558.94k
ILUSTRASI - Hutan Mangrove bali (Foto: jejekwisataku)
ILUSTRASI - Hutan Mangrove bali (Foto: jejekwisataku)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Luasan lahan hutan mangrove di Indonesia teus menyusut dari tahun ke tahun.

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mencatat saat ini luasan ekosistem hutan bakau di Indonesia mencapai sekitar 3,5 juta hektar yang tersebar di 257 Kabupaten dan Kota di Indonesia sekitar. 

"Namun setiap tahun, sekitar 5 atau 6 persen hutan mangrove rusak atau hilang, baik yang disebabkan oleh konversi lahan hutan bakau, ilegal logging maupun pencemaran perluasan tambak," kata Dirjen Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung, DR Hilman Nugroho, saat berbicara dalam International Conference On Sustainable Mangrove Ecosystem digelar di  Hotel Inna Bali Beach, selasa (18/04/2017).

Menurut Hilman, hutan bakau  merupakan ekosistem esensial di dunia  baik untuk perikanan serta konservasi ekosistem, terlebih hutan bakau  dapat menyerap karbondioksida 5 kalilipat  dari pada hutan daratan. Untuk itu, diperlukan upaya untuk melestarikan hutan mangrove yang tersisa.

"Berbagai program telah dilakukan Pemerintah dalam upaya mewujudkan pengelolaan kelestarian hutan bakau, diantaranya dengan menetapkan kebijakan dan rangka regulasi dalam pengelolaan hutan bakau," kata Hilam.

Kebijakan dan regulasi yang dimaksud Hilman meliputi pengelolaan hutan bakau, batasan yang jelas terhadap penebangan kayu di kawasan hutan bakau, peningkatkan produktivitas hutan bakau serta penegakan hukum yang adil dan transparan.

Seminar Internasional ini yang dihadiri delegasi dari 150 peserta dari berbagai negara. Seminar akan berlangsung dari tanggal 18 sampai 21 April 2017.

Sementara itu, Program Manajer Pesisir Pulau-Pulau Kecil Yayasan Kehati Basuki Rahmad mengatakan, hingga saat ini hutan mangrove masih menjadi anak tiri dalam pengelolahan rencana tata ruang dan wilayah.

"Artinya, hutan mangrove gampang dibongkar, dirusak, demi pembangunan yang lebih besar. Lahan mangrove tidak menjadi prioritas dalam rencana tata ruang dan wilayah di Indonesia. Lahan mangrove mudah dikorbankan," ujarnya.

Sampai saat ini total luas lahan mangrov di Indonesia sebanyak 3,7 juta hektar lebih. Dari jumlah tersebut kondisi mangrove yang sudah rusak sebanyak 1,085 juta hektar yang terdiri dari 325.513,402 hektar berada di kawasan hutan dan 759.531,270 hektar berada di luar kawasan hutan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES