Peristiwa Nasional Pilkada DKI Jakarta dalam Angka

Panglima TNI: Negara Harus Hadir, agar Rakyat tak Diintimidasi

Selasa, 18 April 2017 - 13:51 | 17.58k
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. (Foto: dok. TIMES Indonesia)
Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo. (Foto: dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

Pilkada DKI Jakarta dalam Angka

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk menjaga keamanan saat pelaksanaan Pilkada Dki Jakarta putaran kedua, Panglima TNI, Jenderal Gatot Nurmantyo menginstruksikan anak buahnya untuk tidak ragu-ragu dan takut-takut saat menangani orang-orang yang melanggar hukum saat hari pencoblosan putaran kedua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) DKI Jakarta, Rabu (19/4/2017).

Menurutnya, personel TNI harus tegas menindak oknum yang melakukan intimidasi terhadap warga ibu kota sejak berangkat dari rumah ke tempat pemungutan suara (TPS).

Bahkan tegansya, ia menjamin anak buahnya tak bakal dituntut hukum kalau meindak tegas perusuh pilkada.

“Negara harus hadir, agar rakyat tak diintimidasi saat menggunakan hak suaranya. Panglimamu ini menjamin, kalian tak bakal duduk di kursi pesakitan karena menindak perusuh. Ini, panglima kalian yang akan jadi terdakwa,” tegas Gatot kepada para perwira di Ecovention Ancol, Jakarta Utara, Selasa (18/4/2017).

Gatot menegaskan, kalau masyarakat merasa terintimidasi dan tidak aman saat menggunakan haknya sebagai warga negara pada Pilkada, artinya negara tak hadir di tengah rakyat.

Kalau warga takut dan merasa terintimidasi saat menggunakan haknya katanya, kiprah TNI sebagai instrumen negara patut dipertanyakan.

"Inilah tugas mulia kalian, lakukan tugasmu. Pelajari betul-betul prosedur tugas kalian. Apapun akibat yang kalian lakukan, kalau itu untuk membuat rakyat aman, saya jamin tak duduk di pengadilan. Ini direkam ya, saya yang memberi perintah kepada kalian, panglimamu lah yang nanti jadi terdakwa,” tegasnya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES