Indonesia Positif

Monev Ajang Peningkatan Mutu Pembelajaran

Selasa, 18 April 2017 - 13:25 | 45.49k
Ketua BPM (Dr. Adya Hermawati, SE.,MM.) (tengah) sedang mengaudit proses pembelajaran Kaprodi Teknik Mesin (kiri)
Ketua BPM (Dr. Adya Hermawati, SE.,MM.) (tengah) sedang mengaudit proses pembelajaran Kaprodi Teknik Mesin (kiri)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Universitas Widyagama Malang (UWG) selalu meningkatkan mutu pembelajaran, guna mencapai nilai Akreditasi Program Studi dan Institusi Perguruan Tinggi dengan nilai “A”.

Salah satu caranya dengan Monitoring dan Evaluasi (monev)  pembelajaran yang dilakukan oleh Auditor Internal Badan Penjamin Mutu UWG.

Monev ini dilakukan setiap awal semester oleh BPM. Seperti pada hari ini Selasa (18/4/2017) di Fakultas Teknik dilakukan monev oleh Ketua BPM Dr. Adya Hermawati, SE.,MM. dan Kepala Badan Pengendalian Mutu Dadang Hermawan, ST. 

BPM melakukan audit langsung kepada Kaprodi, terkait dengan dokumen-dokumen kegiatan pembelajaran yang dilakukan pada awal semester. Seperti dokumen Jurnal Pembelajaran, dokumen rencana pembelajaran (SKP). 

BPM memeriksa parameter mutu pembelajaran, apakah ada dokumen dan sudah dilaksanakan dengan baik atau tidak, apakah semua dosen pengampu mata kuliah sudah memiliki SKP (Satuan Kerja Pembelajaran) yang sudah dilegalisasi oleh Kaprodi masing-masing.

Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir. Fachrudin, MT. mengatakan  Monev  yang dilakukan oleh BPM kepada masing-masing unit yakni Kaprodi (Ketua Program Studi) sangat penting, untuk mengetahui apakah metode pembejaran sudah sesuai standar mutu yang diharapkan. 

"Untuk menjamin mutu pembelajaran dari masing-masing pelaksana prodi, maka perlu dilakukan evaluasi apakah proses pembelajaran telah memenuhi target standart mutu, harapannya jika memang sudah terpenuhi maka kita dapat meningkatkan ke standart selanjutnya," paparnya. 

Hasil Audit oleh BPM tentang pembelajaran ini nantinya akan diplenokan dan diserahkan hasil rekomendasinya kepada pimpinan dalam hal ini rektor UWG.

Kegiatan Monev (Monitoring dan Evaluasi) ini berlangsung selama 3 – 4 hari (17-19/4/2017) yang dilakukan di masing-masing Fakultas oleh BPM.(*)
 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES