Peristiwa Nasional

Ketua Dewan Pers: AMSI Diharapkan Jadi Kekuatan Baru Media Siber

Selasa, 18 April 2017 - 12:27 | 37.57k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Ketua Dewan Pers, Joseph Adi Prasetyo berharap Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) bisa menjadi kekuatan baru dan mitra bagi Dewan Pers dalam mewadahi anggotanya media online (siber) yang saat ini jumlahnya diperkirakan mencapai 43.300 media online diseluruh Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Dewan Pers Joseph Adi Prasetyo dalam Diskusi yang diselenggarakan dalam rangka Deklarasi AMSI di Hedung Dewan Pers, Kebon Sirih Jakarta Pusat, Selasa (18/4/2017).

Menurutnya, saat ini terdapat 4 wadah media dan 3 organisasi wartawan. "Saya berharap, AMSI bisa menjadi kekuatan baru yang membawahi ribuan media siber yang ada di Indonesia,” harapnya.

Saat ini jelasnya, banyak media sosial yang mirip dengan media siber yang tidak bertanggung jawab dan menayangkan berita berita hoax. "Oleh karena itu, Dewan Pers dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi keberadaan media siber," terangnya.

Paling tidak kata pria berkacamata itu, ada tiga syarat mutlak yang harus dipenuhi seperti kantornya dimana, badan hukumnya dan siapa yang bertanggungjawab.

Dia menambahkan, bahwa saat ini juga banyak media siber yang kemudian mengalami masalah dengan menghadapi gugatan dari masyarakat. 

Kalau media tersebut merupakan media resmi dan terdaftar di Dewan Pers ungkapnya, maka akan dikomunikasikan kepada penyidik supaya persoalannya bisa diatasi oleh Dewan Pers.

"Kalau media abal-abal, silahkan aparat kepolisian memproses secara hukum dengan menggunakan ketentuan lain seperti UU pidana maupun ITE,” jelasnya.

Sementara itu, diskusi dalam rangka Deklarasi AMSI itu, menghadirkan pembicara Joseph Adi Prasetyo Ketua Dewan Pers, Brigjend Pol Dr Muhammad Syaeful Imran, Dirreskrim Mabes Polri, Weneslaus Manggut Pemimpin Redaksi Kapanlagi.com, dan Agung Yudha dari Tweeter Indonesia.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES