Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Debat Koperasi, Unisla Melaju Hingga Semifinal

Senin, 17 April 2017 - 17:21 | 223.71k
Tiga mahasiswa Unisla tengah mengikuti kompetisi Debat Koperasi, di Jambuluwuk, Kota Batu, Malang, pada (29-30/3/2017) lalu. (Foto: Khoiroh Ummu Rodhiyah/TIMES Indonesia)
Tiga mahasiswa Unisla tengah mengikuti kompetisi Debat Koperasi, di Jambuluwuk, Kota Batu, Malang, pada (29-30/3/2017) lalu. (Foto: Khoiroh Ummu Rodhiyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Mahasiswa Akutansi semester VIII mampu mengantarkan Universitas Islam Lamongan (Unisla) hingga ke  babak semifinal dalam Kompetisi Debat Koperasi Tingkat Jawa Timur (Jatim). 

Mereka adalah Dinar Alan Nuriyah, Miftakhul Jannah, dan Bella Ayu Mashita, untuk pertama kalinya harus bersaing dengan perwakilan dari 16 Universitas se-Jatim, di Jambuluwuk, Kota Batu, Malang, pada (29-30/3/2017) lalu.

"Dalam kompetisi tersebut tidak banyak yang dipersiapkan. Kami hanya bermodal belajar tentang undang - undang koperasi dan memahami kasus - kasusnya yang ada di Indonesia saat ini," kata Dinar berterus - terang. 

UNisla-2ZIex0.jpg

Dinar menuturkan, kategori tema di antaranya tentang lembaga keuangan, perpajakan, dan masih banyak lagi. "Tema debatnya langsung di persiapkan dari sana," ucapnya.

Paska registrasi, sambung Dinar, 16 Universitas se-Jatim tersebut selanjutnya dibagi dalam dua kelompok, Unisla sendiri menempati kelompok A. "Di kelompok A, Kami melawan Universitas Adibuana Surabaya dan kami lolos masuk semifinal, di semifinal, Kami melawan IAIN Tulungagung," ujarnya. 

UNisla-1HOL4Y.jpg

Sayangnya, langkah mereka terhenti di babak semifinal. Meski demikian, Dosen Pembimbing, Sutri Handayani, menyebut, ke tiga mahasiswa Unisla itu, bisa membanggakan almamaternya. 

"Mereka dengan modal keyakinan yang dimiliki, meskipun tidak ada pengalaman untuk lomba debat sebelumnya," kata Dosen Ekonomi Unisla ini. 

UNisla-3S5ksw.jpg

Menurut Sutri, ke tiga mahasiswa itu diterjunkan di ajang kompetiso debat, karena sejak semester II hingga semester VIII, mereka sudah memiliki pengalaman di bidang koperasi. 

"Kompetisi ini bukanlah debat atau lomba untuk menang dan kalah, tetapi untuk menguji skill dan sebagai wadah pengembangan keilmuan kita," ucap Sutri. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES