Indonesia Positif

STIKI Malang tularkan Tips Kerjasama Internasional

Senin, 17 April 2017 - 14:14 | 36.15k

TIMESINDONESIA, MALANG – Ketua STIKI Malang, Dr. Eva Handriyantini, S.Kom., M.MT, mendapatkan kepercayaan untuk menjadi pembicara kuliah tamu yang diselenggarakan oleh STIMIK Primakara, Denpasar. 

Bersama dengan pembicara dari Sun Moon University, Prof. Lee Kyung Oh dan dari STIMIK Primakara yaitu Komang Wahyu Trisna, S.T., M.T., mereka berbagi tentang program internasional di perguruan tinggi dan beasiswa di Korea Selatan, pada 13 April 2017 lalu.

Eva berbagi pengalaman menyelenggarakan kerjasama internasional dan beasiswa tengah berjalan di kampus STIKI Malang selama dua tahun. Kuliah tamu ini diharapkan dapat membuka wawasan tentang belajar di luar negeri.

Stiki-b86qfB.jpg

Ada beberapa program internasional yang telah dilaksanakan oleh STIKI Malang, antara lain program double degree, exchange, pelatihan, sertifikasi, dan workshop/seminar.

Program exchange atau pertukaran mahasiswa, merupakan program jangka pendek yaitu satu minggu sampai enam bulan. Benefit yang didapat bila mengikuti program ini antara lain: networking, pengalaman, dan wawasan baru.

Program double-degree (gelar ganda), merupakan program jangka panjang, minimal dua tahun. Program ini membawa keuntungan selain seperti pada program exchange, juga adanya kesempatan untuk berkarir di kancah global.

“Yang penting itu kesiapan mahasiswa,” demikian ujaran Eva tentang hal yang perlu diperhatikan untuk mengikuti program beasiswa di Korea Selatan. Mahasiswa harus memenuhi semua persyaratan yang diajukan untuk mendapatkan beasiswa. 

Stiki-cCK2rH.jpg

Hal ini dikarenakan, semua lamaran beasiswa yang masuk akan “dipertandingkan”, tidak hanya antar peserta dari Indonesia tetapi juga dari berbagai negara.

Eva berharap semakin banyak dosen STIKI Malang yang dipercaya untuk menjadi pembicara bukan hanya di kalangan internal melainkan juga bagi masyarakat umum. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-5 Editor Team
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES