Entertainment

Band Indie Banyuwangi Tetap Eksis Berkat Youtube

Minggu, 16 April 2017 - 04:18 | 139.13k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sosial media (Sosmed) ternyata memiliki peran sangat penting terhadap eksistensi band-band Indie di Banyuwangi, Jawa Timur. Melalui Akun Youtube, ratusan lagu karya band Indie asal Banyuwangi bisa dengan mudah diakses dan didownload secara gratis.

Padahal, untuk membuat satu buah karya lagu dibutuhkan biaya tak sedikit, yakni sekitar Rp 350 Ribu hingga 500 Ribu.

“Bayangkan jika kita membuat satu album yang berisi 10 buah lagu. Bisa menghabiskan budget jutaan rupiah,” ungkap Iwey, pentolan Band Kapal Tanah Skaking, via Whatsapp, Sabtu (15/4/2017).

Saat ditanya kenapa band Indie tidak membuat album dalam bentuk DVD seperti lagu-lagu Banyuwangen lainnya. Iwey beralasan, mengunggah video di Youtube justru memberi keuntungan yang lumayan.

“Kita mendapat keuntungan dari monetize atau penempelan iklan di setiap video yang kita unggah,” jelasnya.

Rata-rata dalam setiap lagu yang diunggah, Kapal Tanah Skaking mampu meraup pendapatan sekitar Rp 1 juta pe rbulan. Meski pendapatan yang diperoleh masih terbilang kecil, tapi perolehan itu mampu untuk menutupi biaya produksi album. Untuk menambah pemasukan, Band Indie di Banyuwangi kerap tampil di tempat-tempat wisata yang ada di Kabupaten Banyuwangi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES