Peristiwa Daerah Ketahanan Pangan

Kodim 0825 Banyuwangi Terpacu Sukseskan Swasembada Pangan Nasional

Sabtu, 15 April 2017 - 19:28 | 27.14k
Jajaran Kodim 0825 Banyuwangi saat nonton bareng video amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono. (Foto: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
Jajaran Kodim 0825 Banyuwangi saat nonton bareng video amanat Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad), Jenderal TNI Mulyono. (Foto: Syamsul Arifin/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Pangan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pasca pemutaran video amanat Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD), Jenderal TNI Mulyono, Jumat kemarin (14/4/2017), kini jajaran Kodim 0825 Banyuwangi, Jawa Timur makin bersemangat mensuksesskan program Swasembada Pangan Nasional.

“Kita semua semakin mantab untuk meneruskan dan meningkatkan kinerja seluruh anggota,” ucap Komandan Kodim 0825 Banyuwangi, Letkol (Inf) Roby Bulan, Sabtu (15/4/2017).

Seperti isi pidato KASAD, gotong royong lintas instansi sudah dilakukan Kodim Bumi Blambangan. bersama Dinas Pertanian dan Dinas Perikanan dan Pangan, demi mendukung program Serap Gabah (Sergab) yang dilakukan Bulog Sub Divre Banyuwangi.

Bahkan, demi percepatan dan usaha jemput bola, empat instansi pemerintah ini telah membentuk 4 zona di Banyuwangi. Disini, setiap zona bisa langsung bertransaksi dengan petani sesuai rencana kerja masing-masing.

“Selain itu kita juga terus melakukan sosialisasi kepada para petani. Kita sampaikan berbagai keuntungan yang dapat diperoleh petani saat menjual gabah ke Bulog, seperti harga yang bagus, dibayar langsung ditempat, serta adanya subsidi pemerintah dibidang pertanian,” jelas Dandim Roby.

Guna mendorong penyerapan gabah petani, Kodim melalui Babinsa juga mengawal program Luas Tambah Tanam (LTT). Karena bisa dipastikan, saat luasan lahan tanam padi bertambah, hasilnya pun tentu lebih banyak.

Sebagai informasi, target penyerapan gabah petani Kabupaten Banyuwangi, tahun 2017 adalah 105 ribu ton gabah. Atau setara 85 ribu ton beras. Kodim bersama Dinas Pertanian, Dinas Perikanan dan Pangan dan Bulog, optimistis target tersebut akan terlampaui. Karena bulan April ini saja, Bulog sudah berhasil mengumpulkan 33 ribu ton beras.

“Setelah mendengar dan melihat amanat Kasad, kita lebih mantap untuk mensukseskan program Swasembada Pangan Nasional,” pungkas Dandim. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES