Peristiwa Nasional

Sikapi Hoax, Menag Ajak Masyarakat Biasakan Tabayyun

Sabtu, 15 April 2017 - 11:48 | 47.10k
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: kemenag)
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin mengajak masyarakat untuk membiasakan tabayyun atau klarifikasi dalam memerangi maraknya berita bohong atau hoax yang makin meresahkan.

"Maka saya ingin mengajak kita semua ber-tabayyun-lah, verifikasi, konfirmasi, dan itu adalah ajaran Islam. Kepada siapa? Kepada orang yang menginformasikan, kepada yang membuat dan memviralkan berita tersebut," tutur Menag dari Lubuk Linggau, Jumat (14/4/2017).

Di kesempatan yang sama, Menag memberi contoh dampak buruk hoax yakni sejarah fitnah besar (fitnatul kubra) yang membawa korban khalifah Utsman bin Affan dan Ali bin Abi Thalih terbunuh oleh sesama muslim karena berita yang tidak jelas kebenarannya.

Untuk itu, Menag menegaskan kembali jika prinsip pertama dalam mensikapi sebuah kabar adalah kita harus yakin betul kalau kabar tersebut akurat, isi informasinya benar, sumbernya jelas, baru kita bisa menyebarluaskan.

"Kalau tidak, kita jangan ikut-ikutan, terbiasa ikut menyebarkan berita-berita yang kita sendiri tidak meyakini kebenaran dari isi berita itu. Karena selanjutnya kita akan dimintakan konfirmasi, karena kita yang menyebarluaskan. Dan ketika kita tidak bisa menjelaskan, saya khawatir kita masuk kategori fitnah, menyebarluaskan berita-berita yang tidak benar,"  sambungnya.

Menag meyakini masyarakat Indonesia harusnya bersyukur masih memiliki banyak sosok yang bisa dimintai petunjuk yakni para ulama.

"Saya berharap kita untuk bertanya pada ahlinya, Alhamdulillah kita masih dibimbing diayomi para ulama sebagai tempat rujukan, tausiyah dan bertanya. Dan ada baiknya terhadap berita-berita yang tidak berdasar ditanyakan kepada mereka," tandasnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES