Gaya Hidup

Batik Berwarna Biru ada Filosofinya loh!

Sabtu, 15 April 2017 - 04:20 | 148.35k
Model Batik Berwarna Biru. (Foto: grosirbatikmumtaz)
Model Batik Berwarna Biru. (Foto: grosirbatikmumtaz)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Warna biru biasanya disimbolkan sebuah harmoni, kepercayaan, percaya diri, dingin, juga terkadang kesedihan. Bahkan di Amerika dan Eropa, opini publik mengatakan, bahwa warna biru adalah warna paling populer dan dipilih hampir setengah populasi, baik pria ataupun wanita, sebagai warna favorit mereka.

Warna biru telah digunakan sejak berabad lamanya. Banyak peninggalan bersejarah yang menggunakan warna biru juga putih. Seperti guci, keramik, perhiasan, yang bahkan Vincent van Gogh menggunakan warna biru untuk menciptakan mood dan emosi.

Nita Kenzo owner dan designer Galeri batik Jawa, menjelaskan pada 2500 Sebelum Masehi, warna indigo sudah dipakai untuk mewarnai kain zaman dulu. "Tidak hanya itu, keramik, lantai, dinding, keramik hias, kalau dilihat benda kuno semua biru. Jadi itu warna tertua di dunia, dan terbukti paling kuat warnanya dibanding warna lain," kata Nita yang juga pelaku warna alam. 

Nita juga mengatakan, itu sebabnya warna biru kerap disebut sebagai 'King of Color, the color of the king.'

Dalam batik warna alam sendiri, biru lebih sering dijumpai dibanding warna alam lainnya. Bukan karena lebih mudah, justru pewarnaan biru lebih sulit untuk dilakukan, karena memerlukan pencelupan berulang untuk mendapat biru yang diinginkan.

"Biru sebenarnya paling sulit, karena harus mencapai 20 kali celup baru muncul. Begitu direbus akan lebih muda."

"Kenapa biru? Kembali pada sejarah batik kelengan, biru itu warna pertama sebelum jadi sogan. Sogan itu yang coklat."

Bisa dibayangkan bukan betapa tuanya warna biru, mengingat batik sogan sendiri sudah menjadi ciri khas batik tradisional keraton di Jawa yang sudah ada sejak berabad lalu lamanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Viva News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES