Ekonomi Marhaban Ya Ramadhan

Jelang Ramadhan, Harga dan Stok Bahan Pangan Dipastikan Aman

Jumat, 14 April 2017 - 13:02 | 30.27k
ILUSTRASI. Beras. (Foto: Dok/TIMES Indonesia)
ILUSTRASI. Beras. (Foto: Dok/TIMES Indonesia)
FOKUS

Marhaban Ya Ramadhan

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjelang Ramadhan dan Idul Fitri yang makin mendekat, Menteri Pertanian Amran Sulaiman memastikan harga dan kebutuhan pokok dalam kondisi aman sehingga diharapkan tidak ada lagi kelangkaan pangan.

"Kesimpulan dari kunjungan kami bahwa stok dan harga beras sampai jelang Ramadhan dan Idul Fitri aman," tegasnya usai inspeksi mendadak (sidak) ke tiga pasar tradisional - Pasar Senen, Pasar Rawamangun dan Pasar Induk Beras Cipinang bersama Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita pada Kamis (13/4/2017).

Untuk stok bahan pokok pangan jelang Ramadhan dan Idul Fitri, Mentan melaporkan saat ini dalam kondisi aman. Untuk gula saat ini terdapat 360.000 ton, begitu pula dengan ketersediaan daging saat ini sekitar 40.000 ton.

Khusus beras, Mentan juga menyampaikan bahwa stoknya saat ini aman yaitu sebanyak dua juta ton hingga 2,5 juta ton di Gudang Bulog. "Jadi untuk bulan puasa dan lebaran stok beras kita aman bahkan delapan hingga 10 bulan ke depan," tegas Amran.

Sementara untuk memantau harga, Mendag menyatakan jika pihaknya telah melakukan tinjauan kebeberapa pasar ritel modern untuk menetapkan harga tiga bahan pokok yaitu gula, minyak goreng dan daging.

Harga yang ditetapkan itu adalah Rp 11.000 untuk harga minyak goreng kemasan sederhana, gula Rp 12.500 dan harga daging maksimal Rp 80.000 per kilogram.

"Harga itu berlaku untuk seluruh pasar di Indonesia, termasuk di Jayapura, sehingga masyarakat mendapatkan harga yang terjangkau," terangnya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES