Gaya Hidup

3 Kebiasaan yang Dianggap Aneh Ini Cerminkan Otak yang Pintar

Selasa, 11 April 2017 - 05:15 | 35.48k
ILUSTRASI: Senang menyendiri. (Foto: Tribunnews)
ILUSTRASI: Senang menyendiri. (Foto: Tribunnews)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Jangan suka memandang sebelah mata pada orang lain. Terlebih jika hanya melihat kebiasaan buruknya. Bisa jadi mereka yanh dianggap aneh bagi sebagian orang justru memiliki keunggulan.  

Beberapa studi memaparkan kebiasaan buruk atau aneh malah mencerminkan kecerdasan seseorang. 

Berikut beberapa kebiasaan buruk yang ternyata mencerminkan kecerdasan seseorang. 

Senang menyendiri

Periset dari LSE dan Singapore Management University menganalisis data dari 15.000 sampel tes IQ responden berusia 18 hingga 28 tahun.

Kebanyakan responden yang tinggal di permukiman padat dengan hasil IQ rendah dan tinggi ditemukan tidak bahagia.

Menariknya, hasil riset juga memperlihatkan bahwa mereka yang memiliki kecerdasan cemerlang dan memiliki banyak teman mengaku tidak bahagia.

Periset pun menyimpulkan bahwa keramaian memberikan efek buruk pada orang-orang dengan IQ tinggi. Jadi, kebanyakan orang-orang yang cerdas lebih suka dalam kesendirian.

Malas bergerak

Anda berpikir, mereka yang hobi menonton televisi sepanjang hari, membaca buku selama berjam-jam, dan malam beraktivitas di luar rumah sebagai sosok yang pemalas? 

Namun, hasil studi dari Florida Gulf Coast University yang memberikan uji kognitif pada puluhan responden, menemukan, mereka yang malas bergerak justru memiliki IQ tinggi.

Hobi duduk dan tidak mau banyak bergerak, menurut studi, merupakan tanda seseorang memiliki kemampuan berpikir yang luas dan mendetil.

Suka bercanda sarkastik

Hasil penelitian dari University of Vienna memperlihatkan, mereka yang menikmati guyonan sarkastik dan ofensif memiliki kecerdasan verbal serta non verbal di atas rata-rata.

“Penelitian mendapatkan kesimpulan humor mengalami proses kognitif sama seperti komponen afektif yang baik. Variabel-variabel tersebut memengaruhi kemampuan dalam menciptakan konsep dan kecakapan eksekusi,” tulis para peneliti mengenai hasil akhir studi. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES