Ekonomi

Hujan Terus Turun, Harga Singkong di Bondowoso Turun

Selasa, 11 April 2017 - 00:25 | 43.82k
Singkong Bondowoso. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)
Singkong Bondowoso. (Foto: Sofya/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Harga singkong di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur saat ini berada diangka Rp 400 per kilogram atau turun dari sebelumnya Rp 600 per kilogram. Hal ini diungkapkan Suhartono selaku Kepala Bidang Usaha Perdagangan Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

"Harga singkong putih maupun yang kuning mengalami penurunan 30 hingga 40 persen harga sejak tiga bulan lalu sehingga para petani banyak yang enggan memanen tanaman singkongnya," katanya, Senin (10/4/2017).

Turunnya harga singkong tersebut kata dia, dikarenakan saat ini petani telah memasuki masa panen. Selain itu, intensitas hujan yang cukup tinggi juga mengakibatkan kualitas singkong kurang baik karena mengandung kadar air cukup tinggi.

Singkong yang mengandung kadar air cukup tinggi lanjut Suhartono, kurang bagus jika diolah menjadi tepung sehingga membuat pabrik tepung membelinya dengan harga murah. 

"Kalau pemerintah kabupaten tidak bisa berbuat banyak karena singkong putih khususnya hanya dibeli serta pemasarannya ke perusahaan-perusahaan pembuatan tepung. Oleh karena itu sebagian petani saat ini memilih tidak memanen singkongnya," jelasnya. 

Dampak penurunan harga singkong ini menurut Suhartono tidak hanya diderita oleh petani, tapi juga pengusaha Industri Kecil Menengah (IKM) tape. Hal ini dikarenakan dari kondisi singkong yang mempunyai kadar air cukup tinggi menyebabkan pengusaha mengalami penurunan produksi. 

"Ada sekitar IKM tapai di Bondowoso yang saat ini mengurangi produksi tape, karena kalau singkong kadar airnya terlalu tinggi hanya mampu bertahan maksimal tiga hari, sedangkan kalau singkong yang kadar airnya cukup bisa bertahan hingga enam hari," ujarnya. 

Ia menambahkan, setiap IKM tapai saat ini hanya memproduksi tapai sebanyak 5 kuintal singkong kuning dari sebelumnya produksi mulai 1 ton hingga 4 ton singkong per hari. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES