Ekonomi

Di Bali Harga Cabai Terus Turun, Bawang Merangkak Naik

Senin, 10 April 2017 - 04:43 | 28.91k
Salah satu pedagan cabai di Pasar Badung Eks Tiara Grosir Bali. Hari Minggu(09/04/2017). (Foto Khadafi/TIMES Indonesia)
Salah satu pedagan cabai di Pasar Badung Eks Tiara Grosir Bali. Hari Minggu(09/04/2017). (Foto Khadafi/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Di Bali pasokan cabai mulai terpenuhi, harga cabai pun mulai turun. Saat ini pedagang cabai menjual dengan harga yang bervariasi mulai dari Rp42 ribu/kg sampai Rp50 ribu/kg.

Salah satu pedagang cabai di Pasar Badung Eks Tiara Grosir Ni Ketut Murci, mengatakan harga cabai terus turun yang saat ini ia menjual cabai kualitas unggul dengan harga Rp50ribu/kg dari sebelumnya Rp65 ribu/kg. 

Meskipun harga cabai tergolong murah saat ini dari sebelumnya yang pernah mencapai Rp125 ribu/kg, Ketut Murci juga mengeluhkan permintaan cabai sepi saat ini, yang menurutnya kebanyakan masyarakat masih liburan dikampung halaman sehingga permintaan akan bumbu dapur belum banyak.

Selain itu, masukanya cabai kering pada saat harga cabai melambung beberapa waktu lalu, membuat permintaan cabai rawit menurun.

"Pedagang makanan seperti pedagang lalapan, saat ini lebih suka memanfaatkan cabai kering karena sifatnya yang lebih tahan lama. Jika dibandingkan dengan cabai rawit basah, tentunya mereka lebih suka memakai cabai kering yang harganya sama namun ketahanannya yang berbeda," ucapnya hari Minggu (09/04/2017).

Hal senada juga dikatakan pedagang cabai di Pasar Ketapian Putu Prema Gita mengatakan, turunnya harga cabai dikarenakan pasokan mulai terpenuhi belakangan ini. Bahkan dia mengaku, meskipun permintaan banyak, kenaikan tidak dirasakan olehnya.

"Harga cabai memang terus turun, meskipun bertepatan dengan Galungan kemarin, tidak mempengaruhi harga," ucapnya.

Namun demikian, ia juga menyebutkan harga bawang putih yang sedikit mengalami kenaikan, dari biasanya Rp34 ribu/kg, jelang Galungan hingga saat ini harganya naik menjadi Rp38 ribu/kg. sementara itu, harga bawang merah saat ini masih stagnan di Rp30 ribu/kg. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rizal Dani

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES