Ekonomi

Promosi Produk Lokal, Pemkab Purbalingga Bentuk Pasukan Reseller

Sabtu, 08 April 2017 - 17:17 | 47.09k
Suasana acara pembentukan Pasukan Reseller dan Pojok UMKM di Griya UMKM Purbalingga, Sabtu (8/4/2017) (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)
Suasana acara pembentukan Pasukan Reseller dan Pojok UMKM di Griya UMKM Purbalingga, Sabtu (8/4/2017) (Foto: Edi Siswanto/Purbalingga TIMES)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Sebagai wujud pengawalan terhadap produk lokal Purbalingga, Pemerintah setempat melalui Dinas Koperasi dan UKM (Dinkop UKM) Purbalingga, Jawa Tengah, membentuk pasukan Reseller Bela Beli Produk Purbalingga. 

Pembentukan pasukan Reseller itu bertempat di Griya UMKM Purbalingga, Sabtu (8/4/2017). Dalam acara itu, pasukan Reseller dan Pojok UMKM resmi dibentuk.

Selain itu, acara dilanjut dengan agenda sosialisasi Perbup Bela Beli dan Roadshow ke 18 Kecamatan. Serta Penandatanganan kesepakatan bersama Produsen dan Reseller program Bela Beli.

Program tersebut sekaligus untuk melaksanakan program Bela-Beli Produk Purbalingga yang telah dituangkan dalam Peraturan Bupati Purbalingga (Perbup) No 31 tahun 2017 Tentang Bela Beli Purbalingga. 

Kasi Pengembangan Kewirausahaan Dinkop UKM Purbalingga, Adi Purwanto membeberkan bahwa, selain mampu memproduksi, memasarkan, membeli, menggunakan dan mempromosikan produk lokal. Pasukan Reseller diharapkan juga mampu melakukan dua pengawalan.

“Pertama memberikan solusi dua permasalahan mendasar UMKM. Yaitu pada pemasaran dan jaringan atau networking. Kemudian mampu memperkenalkan, mempromosikan dan memasarkan produk atau jasa UMKM ke masyarakat Purbalingga dan di luar Purbalingga,” kata Adi Purwanto, Sabtu (8/4/2017).

Menurut Adi, ada empat kendala mendasar bagi pelaku UMKM pada umumnya yaitu modal, pemasaran, jaringan atau networking dan 4K yakni, kualitas, kuantitas, kontinuitas dan produk dan kepribadian.

Bagi Pasukan Reseller, Adi juga mengungkapkan persyaratannya. Yaitu warga Purbalingga usia produktif yang dibuktikan dengan Foto Copy KTP. Menyukai jualan atau marketing offline maupun online, baik produk atau jasa. 

Kemudian, memiliki atau belum memiliki produk sendiri. Dan mempunyai attitude dan mainset positif, kreatif dan mau untuk maju. Serta mempunyai dedikasi untuk memajukan Purbalingga. 

Ia berharap melalui program Pasukan Reseller Bela Beli Produk Purbalingga, bisa membantu dua permasalahan utama UMKM, yaitu pada pemasaran dan jaringan atau networking. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES