Peristiwa Nasional

Kampus Pariwisata akan Dibangun di Dekat Pulau Komodo

Sabtu, 08 April 2017 - 10:21 | 50.58k
Kawasan wisata Labuan Bajo (Foto: lepirate)
Kawasan wisata Labuan Bajo (Foto: lepirate)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pemerintah berencana membangun perguruan tinggi berbasis keilmuan pariwisata di kawasan Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur yang juga berdekatan dengan Pulau Komodo.

Hal itu diungkapkan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, M Nasir saat mengunjungi Desa Macan Tanggar, Manggarai Barat, Jumat (7/4/2017).

"Masyarakat Manggarai Barat jangan sampai jadi penonton saja saat kawasan Pulau Komodo menjadi tujuan wisata dunia. Di sini harus ada pendidikan pariwisata yang baik... Untuk menopang kawasan wisata Pulau Komodo," tuturnya.

Dengan adanya perguruan tinggi pariwisata tersebut, kapasitas masyarakat setempat diharapkan bisa meningkat. Dengan begitu, kualitas pariwisata kawasan Pulau Komodo pun bisa terangkat menuju destinasi favorit turis mancanegara.

Menurutnya, secara langsung atau tidak masyarakat setempat harus menjadi tuan rumah di negerinya sendiri. Untuk itu, pemerintah pusat bersama  pemerintah daerah saat ini sedang menjalin kemitraan untuk membangun perguruan tinggi pariwisata tersebut.

Salah satu upaya tersebut yakni pemda menyiapkan lahan untuk pendidikan sementara pemerintah pusat menyiapkan tenaga pendidik pariwisata. "Ada yang menyiapkan lahan dan bangunan, dosen kami minta dari Kementerian Pariwisata," imbuhnya.

M Nasir menambahkan jika pemerintah dengan sinergi lintas sektor juga berupaya meningkatkan keterjangkauan dan kemudahan akses menuju kawasan wisata Pulau Komodo. Beberapa di antaranya adalah pembangunan infrastruktur juga peningkatan kegiatan promosi ke berbagai sasaran strategis. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Antara News

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES