Peristiwa Nasional

Biaya Haji Naik, Menag Janjikan Peningkatan Layanan

Jumat, 07 April 2017 - 19:39 | 32.99k
ILUSTRASI - Jamaah Haji Indonesia (Foto: kemenag)
ILUSTRASI - Jamaah Haji Indonesia (Foto: kemenag)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin berjanji jemaah haji di musim ibadah 1438H akan merasakan peningkatan layanan, terutama kualitas tenda saat wukuf di Arafah.

"Patut kita syukuri tenda-tenda yang akan didiami di Arafah akan ada peningkatan kualitas dibanding tahun-tahun sebelumnya juga tahun lalu. Akan lebih baik dengan dilengkapi penyejuk udara," tegasnya di kantor Kementerian Agama Jakarta, Jumat (7/4/2017).

Menurutnya, kondisi tenda jemaah haji asal Indonesia di Arafah pada tahun-tahun sebelumnya hanya terbuat dari bahan terpal yang disangga besi berkarat. Selain itu alas tendanya pun bukan karpet melainkan berupa ambalan saja.

Kondisi itu dipastikan akan jauh berbeda dengan mulai tahun ini, tenda di Arafah untuk jemaah haji Indonesia akan diganti dengan bahan PVC yang tahan terpaan angin dan mampu menyerap terik matahari. Sementara penyangganya akan terbuat dari bahan baja ringan.

Penyejuk ruangan di dalam tenda juga dilengkapi dengan beberapa unit kipas angin. Selain itu ukuran tenda juga lebih luas untuk mengakomodasi jumlah rombongan tiap kloter. "Mudah-mudahan meningkatkan kenyamanan para jemaah," imbuhnya.

Peningkatan kualitas layanan lainnya ialah jumlah jatah makan sebanyak 25 kali dibandingkan tahun lalu yang berjumlah 24 kali selama 12 hari di Mekkah. Selain itu, ada pula sarapan selama 12 hari saat di Mekkah yang pada tahun-tahun sebelumnya belum pernah ada.

Jemaah haji pada tahun ini juga diberikan fasilitas transportasi berupa bus untuk melayani perjalanan dari bandara Madinah ke hotel dan sebaliknya. Penambahan jumlah armada bus dan petugas pelayanan haji juga ditambah oleh pemerintah mengingat kuota haji 2017 bertambah menjadi 221 ribu jemaah. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Kemenag

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES