Gaya Hidup

Mati Gaya Karena Demam Panggung? Ini Cara Mengatasi

Jumat, 07 April 2017 - 06:13 | 173.87k
ILUSTRASI - Demam Panggung (Foto: woodcockpsychology)
ILUSTRASI - Demam Panggung (Foto: woodcockpsychology)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Tiba-tiba blank dan mati gaya saat harus menjadi pembicara atau pembawa acara tentu membuat tengsin dan kepercayaan diri menurun. Biasanya, kondisi semacam ini karena grogi, sebab harus berbicara tanpa cacat di depan audience.

Salah satu Master of Ceremony di Malang, Helda 'Bee' Yulis, menjelaskan, demam panggung itu merupakan hal yang manusiawi. 

"Kadang saya juga nervous ya, apalagi harus ngemsi di acara pejabat, takut salah omong gelar dan jabatan," kata mantan penyiar radio itu. 

Namun, lanjut ibu satu anak itu, dia memiliki resep jitu untuk mengatasi demam panggung. Berikut tips dari Bee yang dirangkum TIMES Indonesia

1. Lakukan senam wajah 
Senam wajah seperti memonyongkan dan gerakan membuka dan menutup mulut sebelum tampil, bisa membuat wajah lebih rileks. Dampaknya, akan lebih mudah senyum dan lebih percaya diri.

2. Jangan menatap mata
Menatap langsung ke mata audience, menurut alumnus Unmer Malang itu, bisa membuat grogi dan materi seketika hilang. Dia sarankan, pembicara melihat bagian atas mata, bisa dahi atau kepala, sebagai ganti menatap mata secara langsung. 

3. Berinteraksi dengan audience 
Ternyata, berinteraksi dengan audience dipercaya bisa menurunkan risiko mati gaya karena demam panggung. Pasalnya, interaksi dengan mereka bisa meningkatkan kedekatan, kepercayaan diri dan rasa tenang. Tapi, jangan lupa harus tetap pada koridor kewajaran. 

4. Perbanyak perkaya informasi 
Jadi pembicara atau MC dituntut untuk tahu berbagai macam informasi dan haram hukumnya jadi kudet (kurang update). Terlebih, jika MC wajib mengenali seluk beluk acara, atau produk yang ditawarkan. Manfaatnya, jika merasa kurang bahan pembicaraan, bisa mengulas mengenai acara. 

Itu dia tips mengatasi demam panggung yang dibagikan oleh MC Kota Malang, selamat mencoba. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES