Ekonomi

Sambut Lebaran, Stok Tiga Komoditas Pangan Dijamin Aman

Rabu, 05 April 2017 - 19:36 | 18.94k
Stok bahan pokok, terutama beras, dipastikan aman hingga usai lebaran (Foto: TIMES Indonesia)
Stok bahan pokok, terutama beras, dipastikan aman hingga usai lebaran (Foto: TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menegaskan jika ketersediaan stok sejumlah komoditas bahan pokok menjelang lebaran yakni gula, daging sapi dan minyak goreng, dinilai mencukupi hingga Juli 2017.

"Catatan untuk lebaran, minyak goreng di tangan saya ada 1 juta ton yang kalau terjadi sesuatu, ada upaya penimbunan, kami bisa gelontorkan setiap saat. Gula ada lebih dari 500 ribu ton dan daging ada 48 ribu ton," tegasnya.

Menurut Mendag, stok daging bahkan masih akan ditambah hingga 30 ribu ton, namun ia memastikan ketersediaan daging sebanyak 48 ribu ton di Bulog cukup sampai Juli 2017 atau setelah lebaran Idul Fitri.

Selain tiga komoditas tersebut, Mendag juga menjamin stok beras yang mencapai 2 juta ton di Gudang Bulog atas sinergi bersama Kementerian Pertanian sehingga tidak ada kekhawatiran meskipun curah hujan tinggi.

Untuk menjaga stabilitas harga, pihaknya juga telah menetapkan kebijakan harga eceran tertinggi (HET) untuk tiga komoditas tersebut. Kebijakan itu telah disepakati bersama Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) dan belasan distributor tiga bahan pokok tersebut.

Kementerian Perdagangan menetapkan HET untuk komoditas gula sebesar Rp 12.500 per kilogram, minyak goreng kemasan sederhana Rp 11.000 per liter dan daging beku dengan harga maksimal Rp 80.000 per kilogram.

Kebijakan penetapan HET untuk tiga komoditas ini akan berlaku mulai 10 April 2017 sampai September untuk kemudian dievaluasi kembali.

Mendag juga memastikan penetapan HET ini tidak akan membuat dunia usaha, baik pasar ritel modern dan tradisional merugi karena distributor tidak akan menjual tiga komoditas tersebut dengan harga yang lebih tinggi baik ke pasar ritel maupun tradisional. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES