Kesehatan

Kurang Vitamin B12 Bisa Pengaruhi Pola Pikir Anak

Selasa, 04 April 2017 - 07:16 | 32.08k
ILUSTRASI - Kekurangan vitamin B12 pada anak ternyata memicu berbagai masalah kemampuan berpikir anak (Foto: Vemale)
ILUSTRASI - Kekurangan vitamin B12 pada anak ternyata memicu berbagai masalah kemampuan berpikir anak (Foto: Vemale)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kekurangan vitamin B12 pada anak ternyata memicu berbagai masalah kemampuan berpikir anak atau kognitif. Salah satunya anak kesulitan untuk mengenali huruf. 

Hal ini merupakan hasil penelitian yang dirilis dari American Journal of Clinical Nutrition, yang dipublikasikan di Irish Health. 

Menurut penelitian, kekurangan vitamin B12, menyebabkan anak kesulitan menyelesaikan tes kognitif seperti mengenali huruf dan teka-teki. Anak kekurangan vitamin ini, sulit menginterpretasikan perasaan anak-anak lain.

Vitamin B12 memiliki peran penting dalam fungsi jaringan saraf dan otak. Vitamin ini banyak ditemukan pada produk hewani seperti daging, ikan, telur dan produk susu.

Dalam penelitian ini, kekurangan vitamin B12 sering ditemukan di beberapa negara yang berpendapatan rendah. Terutama negara yang penduduknya mengonsumsi produk hewani dalam jumlah terbatas, khususnya di Nepal.

Penelitian yang dilakukan di Negara Nepal, menyatakan anak-anak cenderung lebih kesulitan menghadapi tes kognitif berupa menafsirkan angka geometris juga mengenali emosi anak-anak lain, karena kekurangan vitamin B12.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES