Peristiwa Daerah Bondowoso Istana Organik

Dinas Pertanian Bondowoso Anggarkan Pengadaan Alat Penggiling Padi

Senin, 03 April 2017 - 17:51 | 78.26k
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, H Munandar (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, H Munandar (Foto: Dok. TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Istana Organik

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, akan menganggarkan dana pengadaan Rice Milling Unit atau mesin penggiling padi standar nasional agar segera mendapatkan sertifikat organik internasional. 

"Dalam usaha mendapatkan sertifikasi organik internasional, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, salah satunya adalah mesin penggiling padi atau rice milling unit yang sesuai dengan standar nasional," jelas Munandar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso. 

Munandar menjelaskan, lembaga sertifikasi internasional BIOCert telah memberikan beberapa catatan yang harus dipenuhi untuk bisa mendapatkan sertifikasi organik internasional.

Selain menyediakan mesin penggiling padi, Pemerintah Bondowoso juga harus membenahi saluran irigasi sesuai standar nasional. 

"Untuk memperbaiki saluran irigasi standar nasional yaitu aliran dari sumber mata air murni harus tanpa adanya pencemaran dan saluran irigasi diperuntukkan untuk mengaliri lahan pertanian tanaman padi organik," katanya.

Munandar juga menjelaskan lahan pertanian padi organik yang dipersiapkan memperoleh sertifikasi organik internasional berada di Desa Lombok Kulon, Kecamatan Wonosari.

Meskipun masih belum bisa memastikan kapan sertifikasi organik internasional akan didapat, ia mengatakan anggaran untuk mesin penggilingan padi standar nasional akan dimasukan tahun ini. 

"Belum lagi saluran irigasi yang harus dipersiapkan berstandar internasional dan yang jelas kami upayakan secepatnya." katanya.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES