Pendidikan

Gandeng Pemuda, STPP Malang Bagikan Bibit Cabai ke Warga

Minggu, 02 April 2017 - 17:22 | 44.12k
Pemilihan bibit cabai di Green House STPP Malang untuk dibagikan ke warga masyarakat.(Foto: Ferry/TIMES Indonesia)
Pemilihan bibit cabai di Green House STPP Malang untuk dibagikan ke warga masyarakat.(Foto: Ferry/TIMES Indonesia)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka mendukung ketahanan pangan nasional, Sekolah Tinggi Penyuluhan Pertanian (STPP) Malang kembali membagikan bibit cabai merah kepada warga masyarakat. Kali ini, STPP Malang menggandeng komunitas pemuda di Desa Landungsari, Kecamatan Dau, Kabupaten Malang.

Sebanyak seribu bibit cabai merah siap tanam dibagikan kepada warga Desa Landungsari melalui Forum Pemuda Landungsari (FORPLAN). 

Bibit-CabaiRNoAG.jpgFoto: Humas STPP for TIMES Indonesia

Humas FORPLAN, Choirul Amin mengapresiasi upaya STPP Malang melalui pembagian bibit cabai kepada warga.

"Bibit cabai ini akan bermanfaat bagi warga untuk ditanam di rumahnya. Kami membantu dalam penyaluran bibit kepada warga melalui ibu-ibu PKK di tingkat RT," tutur Amin kepada TIMES Indonesia.

Dia menambahkan, kegiatan yang dilakukan STPP Malang ini sejalan dengan misi dari FORPLAN yang berorientasi pada urusan sosial kemasyarakatan.  Dia pun berharap, akan lebih banyak warga masyarakat yang bisa menanam tanaman yang bisa dipelihara dan hasilnya bisa dikonsumsi dalam skala rumah tangga.

Cabai-bibitEB7o0.jpgFoto: Humas STPP for TIMES Indonesia

Sementara itu, Ketua STPP Malang, Siti Munifah mengatakan, pembagian bibit cabai merah kepada masyarakat dalam mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan nasional. 

Sebanyak 80 ribu bibit cabai merah yang dikelola STPP Malang sudah dibagikan kepada masyarakat, institusi TNI, Dharma Wanita, PKK, dan pemerintah daerah sekitar.

Hingga saat ini, telah tersebar 61 ribu lebih bibit. Untuk wilayah Kecamatan Dau, sebanyak 15 ribu bibit cabai disebar ke sepuluh desa.

"Kami juga menyiapkan 20 ribu dari laboratorium benih dan kultur jaringan untuk didistribusikan secara bertahap," papar Munifah.

cabaimyFew.jpgFoto: FORPLAN for TIMES Indonesia

Pembagian bibit ini juga merupakan wujud Tri Dharma Perguruan Tinggi dalam hal pengabdian masyarakat. Selain membagi, STPP Malang juga siap memberikan bimbingan teknis dalam pemeliharaan tanaman. 

Dia menyampaikan, para dosen program studi penyuluhan pertanian siap membantu apabila warga memerlukan informasi dan konsultasi mengenai proses pemeliharaan hingga panen.

Melalui Kementerian Pertanian, sebanyak 50 juta bibit cabai dibagikan secara gratis. Melalui Gerakan Nasional Tanam 50 Juta Bibit Cabai ini, pemerintah ingin menggalakkan masyarakat menanam cabai. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES