Kesehatan

Ini Jajanan Sehat untuk Anak

Sabtu, 01 April 2017 - 04:15 | 91.60k
ILUSTRASI: Yoghurt (Foto: nspt4kids)
ILUSTRASI: Yoghurt (Foto: nspt4kids)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Makanan dan minuman merupakan sumber tenaga dan nutrisi untuk tumbuh kembang anak. Sayangnya anak terkadang melakukan aksi tutup mulut alias mogok makan. 

Ada beberapa faktor penyebab anak mogok makan. Seperti bosan dengan menu sehari-hari,  sedang aktif-aktifnya, atau mood nya yang tak baik. 

Meski sedang mogok makan,  nutrisi kesehariannya harus tetap terpenuhi.  Lantas bagaimana caranya? Beri anak jajanan. 

Jajanan? Ya,  tentu saja jajanan yang sehat.  Apa saja jajanan sehat itu? 

1. Yoghurt

makan-yogurtistimewaPRu63.jpgFoto: Okezone Lifestyle

Yoghurt rendah lemak di hidangkan dengan buah-buahan segar yang lezat dengan kandungan nutrisi untuk balita yang cukup tinggi.

2. Keju

makan-kejuistimewaPQzaC.jpgFoto: istimewa

Hidangkan keju yang dipotong dengan beragam wujud unik untuk menggugah selera buah hati Anda dibarengi dengan konsumsi buah dengan kandungan nutrisi balita yang cukup tinggi.

3. Kentang

kentang-kukusteraswartaFDe2p.jpg

French fries atau dikukus dapat di sajikan dengan keju.

4. Roti Gandum

roti-gandum-life-vivac6SGn.jpgFoto: life viva

Roti gandum disajikan dengan keju leleh untuk memenuhi nutrisi balita berupa serat.

5. Olahan daging ayam

nugetdetik-foodKgtlL.jpgFoto: istimewa

Menu makanan anak yang selanjutnya yang bisa Anda sajikan pada waktu makan malam untuk melengkapi kebutuhan gizi anak yaitu olahan dari daging ayam seperti nugget. Selain praktis, anak-anak biasanya lebih menyukai jenis makanan ini. Untuk menjaga higienitas dan kandungan gizi pada nugget sebaiknya Anda membuat sendiri di rumah.

6. Olahan ikan

stik-ikanroycoMCxfy.jpgFoto: istimewa

Ikan merupakan salah satu sumber makanan yang memiliki kandungan protein dengan kadar yang sangat tinggi. Selain itu, ikan juga mengandung omega-3 yang berguna untuk menunjang perkembangan dan kecerdasan otak anak. Supaya anak tidak bosan dengan menu berbahan dasar ikan, sebaiknya Anda menyajikan ikan dengan kreasi yang berbeda-beda. Ikan bisa disajikan dengan cara digoreng tepung atau disajikan dalam bentuk stik ikan. Anak-anak biasanya akan menyukai menu makanan yang unik.

7. Smoothies

Rutin-Minum-SmoothiesOkezone-LifestyleX3PFq.jpgFoto: istimewa

Kombinasi yoghurt serta buah, ini merupakan langkah yang tepat untuk memenuhi keperluan nutrisi balita berupa vitamin serta serat.

8. Sereal

srapana-sereal-jawa-posUszGB.jpgFoto: Jawa Pos

Sarapan sereal bukan sekedar praktis, namun juga untuk jajanan sehat anak Anda. Tentu saja kandungan gulanya sebaiknya dihindari.

9. Jajanan Campur

makanan-popcornRamesia-MesiniO20d.jpgFoto: istimewa

Campur sebagian jajanan sehat yang ada nutrisi untuk anak seperti popcorn (tanpa mentega atau gula), kismis serta kacang-kacangan seperti almond serta kacang mete untuk konsumsi vitamin serta mineral, serat, dan lain-lain.

10. Strawberry

anak-makan-strawberi-nspt4kidslCKzd.jpgFoto: istimewa

Bila buah hati Anda biasanya mengonsumsi buah apel atau pisang, ada pilihan buah sehat lainnya yaitu strawberry. Strawberry merupakan buah yang kaya akan vitamin C dan sangat segar untuk dikonsumsi. Anda bisa menyajikannya dengan crepe gandum atau dengan yoghurt agar lebih lezat.

Namun janganlah lupa untuk mencermati takaran ukuran makanan serta jajanan yang dikonsumsi harus sesuai ukuran nutrisi anak Anda. Diet seimbang dalam porsi yang pas akan bagus untuk tumbuh kembang buah hati Anda. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES