Indonesia Positif Ketahanan Informasi Pendidikan

Pramuka Unisla Menciptakan Pramuka Kreatif, Berprestasi, dan Berbudaya

Selasa, 28 Maret 2017 - 11:06 | 219.42k
SMAN Mojoagung, Kabupaten Jombang meraih juara umum di ajang SHS2C 2017 di Unisla. (Foto: Khoiroh Ummu Rodhiyah/TIMES Indonesia)
SMAN Mojoagung, Kabupaten Jombang meraih juara umum di ajang SHS2C 2017 di Unisla. (Foto: Khoiroh Ummu Rodhiyah/TIMES Indonesia)
FOKUS

Ketahanan Informasi Pendidikan

TIMESINDONESIA, LAMONGAN – Pramuka Universitas Islam Lamongan (Unisla) kembali menggelar kegiatan bergengsi kedua kalinya - SHS2C (Senior High School Scouts Competition) 2017 yang berlangsung pada Jumat (17/3/2017) hingga Minggu (19/3/2017) lalu. 

Kegiatan untuk Gugus Depan tingkat SMA/SMK/MA se-Jawa Timur, bertemakan “Bersama Gerakan Pramuka Kita Ciptakan Tunas Bangsa Yang Kreatif, Berprestasi Dan Berbudaya”, Racana Ronggohadi dan Dewi Andongsari ini menyuguhkan 11 perlombaan yang diperebutkan oleh 25 Gugus Depan dari 11 Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Timur. 

Unisla-B37FdJ.jpg

Diantara ke 11 lomba tersebut antara lain, Parade Budaya, Traditional Dance, PBB Kreasi, Peonering, Pramuka Berdakwah, PPGD, Speech Contest, Bussiness Plan, KTI, Desain Grafis, dan Smart Scout Quiz. 

Menurut Ketua Pelaksana, Wasik, satu di antara tujuan dari Kompetisi ini adalah sebagai ajang promosi kampus Unisla kepada Gugus Depan di wilayah Jawa Timur. 

“Karena beberapa Kompetisi yang dilombakan sudah menggambarkan fakultas-fakultas yang ada di kampus Universitas Islam Lamongan, misalnya, lomba Bussiness plan yang menggambarkan fakultas Ekonomi dan Speech mewakili FKIP Bahasa Inggris, dan ajang bergengsi ini harus tetap ada di tahun-tahun berikutnya,” kata Wasik, Selasa (28/3/2017). 

Unisla-C16E0.jpg

Kompetisi yang sudah dilaksanakan kedua kainya ini merebutkan piala bergilir Rektor Unisla, DIRBINMAS Polda Jatim, Komandan Kodim 0812 Lamongan, dan Kapolres Lamongan. 

"Para peserta lomba sangat antusias dan bersemangat mengikuti setiap perlombaan dengan sportif," ujar Wasik. 

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, ke kreatifan mereka juga nampak ketika lomba Parade Budaya. Dan SMAN 3 Kota Blitar menjadi yang terbaik dalam lomba terheboh dalam Parade Budaya. 

Wasik mengatakan, SMAN Mojoagung, Kabupaten Jombang, kembali meraih juara umum setelah melalui persaingan ketat. Tak hanya itu, mereka tetap mempertahankan piala bergilir Rektor yang sempat diperoleh di ajang SHS2C 2016 tingkat Karesidenan. 

Berkat kemenangan ini, SMAN Mojoagung juga memperoleh piala bergilir dari DIRBINMAS Polda Jatim dan uang pembinaan sebesar Rp2 juta. Pencapaian SMAN Mojoagung semakin lengkap dengan meraih juara umum putra sekaligus mendapat piala bergilir dari Komandan Kodim 0812 Lamongan.

Unisla-DZ5nE6.jpg

Sementara, juara umum putri diraih oleh SMAN 3 Kota Blitar. Atas prestasinya itu, SMAN 3 Kota Blitar berhak membawa pulang piala bergilir dari Kapolres Lamongan. 

“Kami bangga bisa membuktikan bahwa ternyata kemenangan kami bukanlah sebuah kebetulan, dan kemenangan ini adalah sebuah kado yang kami persembahkan untuk Pramuka SMAN Mojoagung Jombang,” ujar satu di antaea anggota Pramuka SMAN Mojoagung Jombang, Riyan. 

Dalam kesempatan yang sama, Devin, Pembina yang melatih penegak SMAN Mojoagung juga mengungkapkan rasa bahagianya. “Perjuangan Pramuka Mojoagung telah membuahkan hasil kembali," ucapnya.

Menurut Devin, pencapaian ini tidak diraih dengan mudah. Namun, berkat persiapan dan strategi matang sebelum mengikuti SHS2C 2017. "Semoga apa yang kita raih bisa menjadikan Pramuka SMAN Mojoagung lebih bersinar lagi,” katanya menambahkan.  (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : AJP-4 Editor Team
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES