Indonesia Positif Ketahanan Informasi Sosial

Pemuda Muhammadiyah Purbalingga Gelar Diksar KOKAM

Selasa, 28 Maret 2017 - 10:24 | 133.95k
Komandan Provost KOKAM Purbalingga, Slamet Widodo saat menyampaikan materi Orientasi Kemuhammadiyahan pada Diksar KOKAM ke 4 tahun 2017 di MTs Muhammadiyah Kutasari (Foto: Muakhor Abdus Salam For Purbalingga TIMES)
Komandan Provost KOKAM Purbalingga, Slamet Widodo saat menyampaikan materi Orientasi Kemuhammadiyahan pada Diksar KOKAM ke 4 tahun 2017 di MTs Muhammadiyah Kutasari (Foto: Muakhor Abdus Salam For Purbalingga TIMES)
FOKUS

Ketahanan Informasi Sosial

TIMESINDONESIA, PURBALINGGA – Sebanyak 80 anggota Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) se-Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, mengikuti Pendidikan Dasar (Diksar) KOKAM ke 4 tahun 2017. Acara ini digelar di MTs Muhammadiyah Kutasari sejak Minggu-Selasa (26-28/3/2017).

Kegiatan yang digelar selama tiga hari oleh Pimpinan Daerah Pemuda Muhammadiyah (PDPM) Purbalingga. Dan peserta Diksar KOKAM mendapatkan materi serta pelatihan untuk sadar Bela Negara serta merawat Pancasila dan NKRI.

Kemudian menjalin sinergi atau kerja sama dengan Pemerintah, TNI, POLRI dan para Pimpinan Amal Usaha Muhammadiyah yang ada di Kabupaten Purbalingga dan mencetak kader Muhammadiyah yang militan.

Ketua Umum PDPM Purbalingga, Muakhor Abdus Salam menjelaskan bahwa, KOKAM merupakan salah satu bidang dari organisasi otonom (ortom) Pemuda Muhammadiyah yang berfungsi sebagai pelopor, pelangsung dan penyempurna gerakan Muhammadiyah.

“Bidang KOKAM sendiri lahir pada tanggal 1 Oktober 1965 akibat dari G30S/PKI. Dan pada waktu itu KOKAM ikut menumpas PKI,” jelas Muakhor, Selasa (28/3/2017).

Seiring berjalannya waktu, lanjut Muakhor, fungsi KOKAM selain keamanan dan Bela Negara adalah ikut serta dalam evakuasi bencana alam, PAM pengajian, lebaran, gotong royong dalam pengabdian masyarakat dan pergerakan sosial lainya.

Sebagai generasi penerus bangsa, kader Muhammadiyah harus terus mengasah kemampuan dan mengembangkan diri melalui berbagai cara termasuk mengikuti Diksar KOKAM.

Harapannya, tercipta kader manusia yang berkualitas, dan siap menghadapi globalisasi.

“Yang pada akhirnya mampu membangun dirinya serta mampu meningkatkan kesejahteraan dan martabat masyarakat pada umumnya,” tutup Muakhor. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rochmat Shobirin

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES