Kesehatan

Ini Panduan Praktis Menyiapkan Bekal Anak

Selasa, 28 Maret 2017 - 01:09 | 58.81k
ILUSTRASI: Makan (Foto: Keselamatan Keluarga)
ILUSTRASI: Makan (Foto: Keselamatan Keluarga)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Membawa bekal seharusnya menjadi kewajiban setiap anak sekolahan. Agar anak tetap terjaga kesehatannya karena mereka tak perlu jajan sembarangan.

Sayangnya masih banyak orang tua yang masih bingung bekal apa yang harus dibawakan pada anak. Alih-alih membawakan bekal sehat, orang tua malah membawakan makanan yang tak tepat secara asupan gizi nya.

Jika itu yang Anda alami,  sebaiknya mulai saat ini Anda  berpedoman pada kebutuhan makan pada usia anak. Bila dilihat pada tabel Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2013, anak usia 6-9 tahun membutuhkan energi sekitar 1850 kilo kalori dalam sehari.

Idealnya dalam sehari, anak makan lima kali, yaitu tiga kali makan besar dan dua kali makan camilan. Dengan begitu Anda bisa membagi angka kebutuhan energi anak menjadi lima kali. 

Namun, karena porsi makan camilan umumnya lebih kecil, maka energi yang perlu dikonsumsi anak saat makan makanan ringan hanya sekitar 100-150 kilo kalori saja. 

Sisanya, baru dibagi tiga untuk makan besar. Dari hitungan ini, anak Anda hanya membutuhkan sekitar 500 kilo kalori saja setiap makan besar.

Nah artinya anda cukup menyiapkan 1kali makan besar, dan 1 kali makanan ringan dalam bekal yang akan dibawa ke sekolah. 

Berikut contoh bekal makanan yang mengandung 500 kilo kalori.

Nasi 100 gram atau satu centong. Anda bisa memvariasikan nasi dengan mie atau kentang. Untuk mendapatkan nilai kalori yang sama dengan 100 gram nasi, Anda bisa memberikan mie sebanyak 200 gram atau satu mangkuk kecil atau kentang dua buah ukuran sedang.

Daging sapi atau ayam satu potong. Untuk daging satu potong yang dimaksud adalah sebesar bungkus korek api, sedangkan ayam adalah satu potong ukuran sedang. 

Atau Anda juga bisa membawakannya satu butir telur sebagai sumber protein hewani.Tempe, tahu atau kacang-kacangan yang merupakan sumber protein nabati. 

Sama seperti ukuran daging, tempe atau tahu, cukup berikan satu potong saja.

Sayuran yang mudah dimasak dengan ditumis, misalnya buncis, brokoli atau tumis bayam. Sementara jumlahnya hanya satu mangkuk sedang.

Sementara untuk makanan ringannya dapat dibawakan snack atau buah.  Dan jangan lupa air putih selalu.(*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Ahmad Sukmana

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES