Kesehatan

Dua Kebiasaan Sepele yang Bisa Memicu Sakit Jantung

Senin, 27 Maret 2017 - 02:47 | 29.18k
Penyakit jantung. (Foto: Alodokter)
Penyakit jantung. (Foto: Alodokter)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Penyakit jantung masih menjadi pembunuh nomor satu di dunia. Penelitian sakit jantung bisa dipicu banyak hal, seperti minum alkohol dan merokok.

Selain itu, beberapa kegiatan yang biasa kita lakukan sehari-hari atau setiap saat juga bisa memicu serangan jantung. Dikutip dari meetdoctor, ada beberapa kebiasaan sepele yang bisa memicu sakit jantung seperti duduk terlalu lama.

Anda yang biasa duduk bekerja selama berjam-jam dan malas atau lupa berdiri ternyata rentan mengalami serangan jantung dan stroke. Ini terjadi karena gerakan tubuh yang sedikit membuat lemak dan gula dalam darah tidak terbuang secara sempurna.

Karena itu, lakukanlah aktivitas fisik yang ringan di sela-sela kesibukan, misalnya berjalan-jalan di lingkungan kantor atau setiap satu jam, berjalan menengok rekan kerja di ruang sebelah.

Sederhana, namun itu adalah salah satu cara agar lemak dan gula darah tidak menumpuk di dalam tubuh.

Satu lagi hal sepele yang bisa memicu sakit jantung adalah makan banyak.

Makan berlebihan dengan porsi yang terlalu besar, serta konsumsi minuman dengan kadar gula tinggi dapat menyebabkan obesitas dan penyakit jantung. Karena itu, batasilah porsi makanan dan menghindari minuman manis serta karbohidrat olahan.

Pilih makanan dengan label kemasan rendah lemak dan benar-benar memperhatikan kandungan nutrisinya agar tidak tertipu. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, ditambah kacang-kacangan, gandum utuh, serta susu rendah lemak dapat menghindarkan Anda dari penyakit jantung. Penuhi piring makanan dengan makanan-makanan nabati, dominan melebihi makanan hewani. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES