Kesehatan

Pemula dalam Yoga? Ini Tipsnya

Senin, 27 Maret 2017 - 00:20 | 50.86k
Yoga. (Foto: Papasemar)
Yoga. (Foto: Papasemar)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Anda pemula dalam yoga? Jangan paksakan diri saat latihan, atau anda akan mengalami cedera cedera otot atau saraf terjepit.

Dikutip dari readersdigest, untuk pemula yoga, Pujiastuti Sindhu RYT, pendiri Yoga Leaf Indonesia menyarankan memilih hatha yoga yang merupakan kelas dasar.

Posisinya masih tergolong sederhana, dengan ritme yang perlahan. Gerakan dalam hatha yoga sendiri merupakan kombinasi antara serangkaian asana (postur yoga), pranayama (olah pernapasan), mudra (gesture tubuh) dan banda (penguncian energi), yang kemudian dilanjutkan dengan posisi relaksasi.

Menurut Pujiastuti Sindhu hatha yoga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan fokus para pemula yoga, membantu mereka untuk belajar melemaskan otot-otot tegang, serta meningkatkan fleksibilitas dan tenaga seseorang.

"Namun tentu saja, semua manfaat latihan tersebut baru akan terasa apabila melakukan yoga secara rutin," ucapnya.

Yang terpenting, jangan ragu untuk selalu meminta saran dan bimbingan dari instruktur yoga, agar yoga yang dilakukan bisa optimal dan terhindar cedera otot atau saraf terjepit saat latihan. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Rizal Dani
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES