Indonesia Positif Universitas Islam Malang

Wayang Golek Ki Enthus, Kolaborasikan Seni Wayang dan Dakwah

Minggu, 26 Maret 2017 - 05:36 | 400.88k
Pergelaran wayang  golek oleh Ki Enthus Susmono yang menjadi rangkaian terakhir perayaan hari pertama Dies Natalis ke-36 Universitas Islam Malang (Unisma), Sabtu (25/3/2017) malam. (Foto-foto: Senda/ TIMES Indonesia)
Pergelaran wayang  golek oleh Ki Enthus Susmono yang menjadi rangkaian terakhir perayaan hari pertama Dies Natalis ke-36 Universitas Islam Malang (Unisma), Sabtu (25/3/2017) malam. (Foto-foto: Senda/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Universitas Islam Malang

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Pergelaran wayang  golek oleh Ki Enthus Susmono menjadi rangkaian terakhir perayaan hari pertama Dies Natalis ke-36 Universitas Islam Malang (Unisma), Sabtu (25/3/2017) malam. 

Ki Enthus yang juga Bupati Tegal, Jawa Tengah, menampilkan wayang golek dengan lakon Gamelan Sekaten di acara rangkaian dies natalis Gema Lisan Utama I. 

Ki-Enthus-2LVHBw.jpg

Pementasan wayang golek yang dimulai pukul 22.50 WIB, mendapat respon positif dari civitas akademika dan masyarakat sekitar Unisma. Cuaca gerimis dan dinginnya malam tak menghentikan ratusan penonton hadir menyaksikan penampilan Ki Enthus.

Bahkan banyak penonton yang juga berdiri disekitar panggung dan tenda penonton yang di lapangan Unisma Malang.

Ki-Enthus-3wdrPg.jpg

Gelak tawa penonton pun turut memecah kesunyian malam melihat joke atau cerita lucu yang ditampilkan Ki Enthus. 

Tidak melulu joke yang ditampilkan, Ki Enthus juga menyampaikan dakwah islam yang dikolaborasi dengan kesenian wayang golek. Salah satunya menyampaikan hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Wajah.

Ki-Enthus-4Xzdl4.jpg

"Alimanu Al imanu ma'rifatun bil qalbi, Iman sing percaya karo jantung. Wa qaulum bil lisan, lan ngocapake dening basa. Wa a'malun bil arkan lan laku karo anggota awak (Iman adalah mempercayai dengan hati, mengucapkan dengan lisan, mengamalkan dengan anggota badan)," kata Ki Entus.

Rektor Unisma Malang, Prof. Dr. H. Maskuri, M.Si sebelumnya memaparkan selama tiga hari ini ada banyak kegiatan yang diselenggarakan di kampus Unisma.

Ki-Enthus-5xQC0.jpg

Rangkaian acara akan dimulai dari menampilkan pertunjukan seni dan budaya nusantara, festival band dan seminar nasional. Selain itu, ada pula berbagai produk unggulan Unisma seperti, karya ilmiah mahasiswa Unisma, berupa prototipe, temuan, dan hasil inovasi. Ada pula kegiatan spiritual berupa khotmil quran dan sholawat nuril anwar yang akan dilaksanakan Minggu (26/3/2017).

"Kami ingin ini menjadi ajang mengenalkan potensi kampus, yang mengkolaborasikan Iptek dan seni," kata Maskuri.(*)

Ki-Enthus-6NIJLp.jpg

Ki-Enthus-7EjFX.jpg

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES