Gaya Hidup

Ini Lima Cara Menjaga Kuku Anda

Sabtu, 25 Maret 2017 - 04:19 | 177.54k
Subscribe TIMES TV KLIK

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Menjaga kuku bersih dan sehat adalah kewajiban juga bagi setiap orang. Apalagi kuku menjadi pandangan banyak orang. Kebersihannya harus terjaga. Karena fungsi utama kuku adalah untuk melindungi ujung jari yang lembut.

Selain ujung syaraf-syaraf berada, serta mempertinggi daya sentuh. Oleh karena itu kesehatan kuku tidak boleh disepelekan. Ini tips menjaga kesehatan kuku.

Pertama, jaga kelembapan kuku. Kelembapan pelu dijaga agar kuku terhindari dari kerapuhan. Gunakan pelembap tangan, minyak zaitun, atau petroleum jelly untuk melembapkan kulit.

Kedua, lindungi kuku. Sabun pencuci piring, deterjen, atau bahan kimia lainnya dapat merusak dan menyebabkan kuku rapuh, oleh karena itu saat menggunakannya usahakan menggunakan sarung tangan karet untuk melindungi kuku.

Begitu juga jika Anda memutuskan berkebun atau melakukan kegiatan berat. Sebaiknya minimalisir risiko kerusakan kuku dengan melindunginya.

Kuku dan tangan akan lebih sehat jika dilindungi dengan baik serta akan terhindari kerusakan, infeksi, serta kekeringan.

Ketiga adalah jangan bebani kuku. Ketika Anda memutuskan memiliki kuku panjang, usahakan untuk melindunginya semaksimal mungkin.

Jangan gunakan kuku untuk kegiatan sehari-hari seperti mengetik, membuka kaleng minuman, atau membuatnya melakukan pekerjaan berat.

Gunakan ujung jari atau bagian yang lain jika memungkinkan untuk melindungi kuku dari goresan atau risiko patah.

Keempat, rawat kutikula. Kutikula adalah lapisan bukan sel yang berada di atas lapisan epidermis, dapat berupa permukaan yang halus, kasar, bergelombang, atau beralur.

Kutikula merupakan pelindung kuku dari bakteri dan infeksi. Jangan mencabut atau memotong kutikula jika tak ingin terkena infeksi atau bakteri. Gunakan krim pelembut atau minyak Zaitun untuk menjaganya tetap lembut.

Kelima adalah pelapis atau cat kuku. Kuku panjang identik dengan cat kuku. Pelapis kuku baik yang berwarna maupun bening bisa membantu melindungi kuku Anda. Tapi berhati-hati jika suka gonta-ganti warna.

Jangan gunakan cairan penghapus kuku lebih dari dua kali dalam sebulan karena bisa membuat kuku rapuh. Usahakan hindari cairan yang mengandung aseton yang bisa membuat kuku kering.

Lebih baik pilih penghapus warna kuku yang menggunakan asetat. Apabila dibutuhkan, gunakan krim penguat kuku untuk menjaganya tetap sehat.

Selain itu, ada tips cara merawat kuku secara alami agar terlihat cantik dan kuat dengan Bawang Putih. Anda ingin tahu lebih lanjut? Klik video ini: 

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Yatimul Ainun
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES