Kesehatan

Mandi Sore atau Mandi Sebelum Tidur, Mana lebih Sehat?

Sabtu, 25 Maret 2017 - 06:41 | 34.69k
ILUSTRASI: Mandi. (Foto: Global Natural Remedy Source)
ILUSTRASI: Mandi. (Foto: Global Natural Remedy Source)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Kebanyakan dari kita terbiasa dengan mandi sore. Namun bagi pekerja yang terkena macet jalanan saat pulang kerumah memaksa mereka mandi sebelum tidur.

Sebenarnya mana yang lebih baik dari sisi kesehatan?

Mandi sendiri dapat merilekskan otot-otot tubuh. Baik dengan air hangat maupun dengan air dingin. Selain itu, tubuh dan pikiran juga akan terasa nyaman saat berendam di dalam air hangat. 

Sebuah studi yang dupublikasikan oleh Womenshealthmag menunjukkan mandi dapat membangkitkan kerja otak dan meningkatkan kreativitas. Penelitian mendukung beberapa gagasan, mandi air panas sebelum tidur juga membantu Anda tertidur pulas. 

Dr Dianna Augelli dari Center for Sleep Medicine at NewYork-Presbyterian/Weill Cornell Medical Center, mengatakan kebiasaan mandi sebelum tidur akan membantu tubuh lebih rileks. Ia menyarankan mandi 90 menit sebelum tidur. 

Tubuh mampu mengatur ritme sikardian dan mengirimkan sinyal mengantuk, pertanda Anda harus tidur. Tepat setelah mandi, tubuh akan menghangat dan merasa lebih waspada, aktif dan juga kreatif. 

Ketika berjalannya proses pendinginan, sistem di dalam tubuh perlahan memberi sinyal agar Anda pergi ke tempat tidur. Inilah yang membuat Anda tertidur lebih nyenyak ketika mandi 90 menit sebelum beranjak ke kasur. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Dhina Chahyanti
Publisher : Rochmat Shobirin
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES