Peristiwa Daerah Bondowoso Istana Organik

Bondowoso Canangkan Program Pertanian Organik di Setiap Kecamatan

Jumat, 24 Maret 2017 - 18:57 | 63.41k
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, H. Munandar (Foto: Sofy/ TIMES Indonesia)
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, H. Munandar (Foto: Sofy/ TIMES Indonesia)
FOKUS

Bondowoso Istana Organik

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Dalam rangka pengembangan pertanian organik, Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur mencangkan program Satu Kecamatan Sepuluh Hektar Lahan Organik. Program ini akan dikerjakan pada 2017 ini.

"Sebagai langkah perluasan dan pengembangan lahan pertanian organik, tahun ini Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso akan mencanangkan program Satu Kecamatan Sepuluh Hektar Lahan Pertanian Organik," ujar Munandar, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bondowoso pada TIMES Indonesia, Jumat (24/03/2017).

Saat ini luas lahan padi organik di lombok kulon sebesar 105 hektar dan sudah mendapat sertifikasi nasional. Kemudian untuk di desa Taal Kecamatan Tapen, luas lahan pertanian organik adalah 25 hektar juga sudah mendapatkan sertifikasi organik nasional.

Munandar menyampaikan, saat ini Dinas Pertanian sedang fokus pada perbaikan infrastruktur pertanian agar dapat segera mendapatkan serifikasi organik. Proses perolehan sertifikasi organik level internasional tersebut, kini telah 95 persen rampung. 

Untuk mendapatkan seritifikasi organik internasional, pihak Disperta Bondowoso telah mempersiapkan tenaga administrasi dan infrastruktur sesuai arahan Prof. Indah dan bimbingan konsultan organik Imam Suharto. Tak lupa juga suntikan motivasi juga diberikan kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Al Barokah, serta seluruh petani yang termasuk dalam areal pertanian organik.

"Insya Allah akhir Maret rombongan dari BIOCert akan datang ke Bondowoso untuk melihat dan menguji langsung lahan pertanian organik kita," jelasnya. 

Ketika ditanya perihal pujian Presiden Joko Widodo kepada beras organik Lombok Kulon, Munandar mengaku senang dan bangga. Bahkan ia berharap Presiden Jokowi dapat berkunjung langsung melihat lahan pertanian pada organik yang kini telah digandrungi di pasar nasional maupun internasional itu. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Wahyu Nurdiyanto
Publisher : Sholihin Nur

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES