Peristiwa Nasional

Lagi, Menteri Susi Tegas Haramkan Bom Ikan

Jumat, 24 Maret 2017 - 19:09 | 29.94k
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Foto: kkp)
Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti (Foto: kkp)

TIMESINDONESIA, JAKARTA – Untuk kali kesekian, Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti mengajak nelayan di Indonesia untuk menghindari penggunaan bom ikan.

"Penangkapan ikan menggunakan bom merusak lingkungan tempat hidup dan bertelur ikan. Karena itu harus kita perangi para pelaku bom ikan," tegasnya di hadapan nelayan saat bekunjung di Pelabuhan Perikanan Samudra Kendari, Sulawesi Tenggara pada Jumat (24/3/2017).

Menurut Susi, hingga saat ini penangkapan ikan yang merusak lingkungan atau destructive fishing masih banyak ditemui dan terjadi di beberapa daerah. Metode yang dipakai salah satunya dengan cara menggunakan bahan peledak dan juga potasium. 

"Saya sudah keliling Indonesia, seperti di Maluku Utara, Papua Barat, Maluku, NTT, NTB masih banyak ditemukan karang-karang yang rusak karena di bom, ungkap Susi," tegasnya.

Dari keluhan nelayan yang dikunjungi, Susi menyebut bahwa kerusakan lingkungan perairan karena bom ikan dilakukan oleh oknum dari Sulawesi Tenggara. Bahkan ia menyebut daerah di dekat kota Kendari yang kerap dijadikan tempat merakit bom ikan yakni Pulau Saponda.

"Ini bener lho, mereka mengeluh karena yang melakukan pemboman ikan itu berasal dari Sultra. Karena itu saya datang untuk meminta nelayan di daerah ini hentikan penggunaan bom ikan," katanya. (*)

**) Ikuti berita terbaru TIMES Indonesia di Google News klik link ini dan jangan lupa di follow.

Advertisement



Editor : Ronny Wicaksono
Publisher : Dhian Mega
Sumber : Berbagai Sumber

TERBARU

Togamas - togamas.com

INDONESIA POSITIF

KOPI TIMES